Salin Artikel

Diterjang Banjir Bandang, 7 Mobil Hanyut di Sungai Beringin Semarang

“Ini salah satu dampak dari bencana banjir di Perumahan Wahyu Utomo Ngaliyan Semarang,” kata Kepala Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Diki Rulli kepada Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Banjir yang merendam diduga disebabkan tanggul jebol pada Minggu (6/11/2022) sore. Tak hanya menghanyutkan mobil, banjir itu juga menyebabkan sekitar 100 rumah warga mengalami kerusakan.

“Saat ini masih proses evakuasi (mobil hanyut),” terangnya.

BPBD Semarang, bersama unsur relawan penanggulangan bencana, Polri, dan warga setempat bergotong royong untuk mengeluarkan mobil-mobil tersebut dari Sungai Beringin. Termasuk mengerahkan mobil off road.

Dari pantauannya, hampir semua mobil mengalami kerusakan parah. Bahkan beberapa di antaranya dalam posisi terbalik.

Ia menyebut tiga bencana banjir dan tanah longsor Kota Semarang menjadi perhatian. Termasuk banjir terjadi di area jalan nasional Mangkang di Wonosari, Mangkang Wetan. Lumpur dengan ketebalan 2-5 cm menutupi jalan.

Merespons kejadian tersebut, perangkat Kelurahan Wonosari mendirikan dapur umum untuk warga terdampak. Bantuan logistik, berupa bahan pokok makanan juga dikirim oleh Baznas.

Selain evakuasi mobil, di kawasan pemukiman ratusan warga dan perangkat desa melakukan kerja bakti sekaligus membersihkan lumpur pascabanjir.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/07/172848378/diterjang-banjir-bandang-7-mobil-hanyut-di-sungai-beringin-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke