Salin Artikel

Mati Mesin, Kapal Muatan Ikan Berisi 9 Awak Hanyut di Perairan Raja Ampat

SORONG, KOMPAS.com- Kapal nelayan KM Inka Mina bermuatan ikan dilaporkan mengalami mati mesin dan terombang ambing di Perairan Tanjung Mokoi, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Sabtu (5/11/2022) Pukul 22.00 WIT.

Kapal tersebut membawa sembilan anak buah kapal (ABK).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kelas A Sorong Amirudin membenarkan kejadian tersebut.

Laporan pertama kali didapat dari Pos SAR Raja Ampat pada Minggu (6/11/2022) pukul 13.05 WIT setelah salah satu istri korban melaporkan KM Inka Mina mengalami kecelakaan akibat mati mesin dalam pelayaran dari Wayag menuju Sorong.

"(KM inka Mina) mengalami mati mesin di sekitar Perairan Tanjung Makoi pada Sabtu (5/11/2022) malam sekitar pukul 22.00 WIT. (Setelah mendapat laporan), kami langsung memberangkatkan personel pada Minggu siang pukul 13.25 WIT dengan menggunakan kapal SAR Maladewa menuju lokasi pencarian atau penyelamatan," ujar Amirudin saat dihubungi Minggu (6/11/2022).

Pihak Basarnas Sorong melaporkan saat ini kondisi ketinggian gelombang sangat bersahabat mencapai 0,1 meter sampai 0,5 meter, sehingga personel dapat melakukan upaya pencarian dengan baik.

"Petugas jaga harian kami sempat berkomunikasi dengan salah satu awak di kapal dan mereka mengkonfirmasikan bahwa kapalnya sedang mati mesin," kata Amirudin.

"Namun setelah petugas kami mencoba menghubungi sudah tidak bisa dikonfirmasi lagi. Diperkirakan kemungkinan kapal tersebut sudah terbawa arus menuju Pulau Batanta," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/06/163555978/mati-mesin-kapal-muatan-ikan-berisi-9-awak-hanyut-di-perairan-raja-ampat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke