Salin Artikel

Bibit Siklon Tropis 93S di Barat Daya Bengkulu, Pengaruhi Cuaca di Daerah Ini

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya bibit siklon tropis 93S di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu, tepatnya di 9,6 LS dan 92,4 BT.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, bibit siklon tropis 93S tersebut saat ini bergerak dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 knots (55 km/jam) dan tekanan udara minimum di pusatnya sekitar 1003 hPa.

"Sistem bibit siklon tropis 93S bergerak ke arah Barat daya-Barat menjauhi wilayah Indonesia," ungkap Guswanto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Dia pun menyampaikan, adanya kemungkinan bibit siklon tropis ini berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori sedang.

Dampak terhadap cuaca Indonesia

Dampak tidak langsung dalam 24 jam ke depan dari keberadaan Bibit Siklon Tropis 93S ini terhadap kondisi cuaca di Indonesia antara lain:

Tinggi Gelombang 1,25-2,5 meter (Moderate) di:

  • Perairan timur Kep. Simeulue hingga Kep. Mentawai
  • Perairan Barat Lampung
  • Teluk Lampung bagian selatan
  • Selat Sunda bagian Selatan

Tinggi Gelombang 2,5-4,0 meter (Rough Sea) di:

Imbauan untuk masyarakat

Guswanto mengatakan, BMKG melalui Jakarta TCWC terus melakukan pemantauan perkembangan potensi Siklon Tropis dan aktivitas dinamika atmosfer lainnya beserta potensi dampak cuaca ekstremnya.

Terkait dengan potensi cuaca ekstrem tersebut, masyarakat diimbau untuk:

  • Menghindari kegiatan pelayaran di wilayah perairan yang terdampak.
  • Menghindari daerah rentan mengalami bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon yang mudah tumbang, tepi pantai, dan lainnya.
  • Mewaspadai potensi dampak seperti banjir/bandang/banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang terutama di daerah yang rentan.
  • Stakeholder yang terkait kebencanaan untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/04/141920178/bibit-siklon-tropis-93s-di-barat-daya-bengkulu-pengaruhi-cuaca-di-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke