Salin Artikel

7 Tahun di Kupang, Seorang Pengungsi Afganistan Diterima di Kanada

Setelah mendapat kepastian itu, MN terbang ke Jakarta, menggunakan pesawat Batik Air, Kamis (3/11/2022) untuk selanjutnya melanjutkan perjalana ke Kanada.

Saat dipindahkan ke Jakarta, MN dikawal petugas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang, yang bekerja sama dengan International Organization for Migration (IOM).

"Dia selama ini sudah tujuh tahun lamanya tinggal di penampungan sementara yang ada di Kota Kupang," ujar Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Rudenim Kupang Melsy IY Fanggi, kepada Kompas.com, Kamis malam.

MN lanjut Melsy, diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional El Tari Kupang pukul 06.25 Wita, menggunakan maskapai penerbangan Batik Air dan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 09.18 WIB.

Saat tiba di Jakarta, MN dijemput oleh staf IOM dan selanjutnya dibawa ke Rumah Detensi Imigrasi Jakarta untuk dilakukan proses serah terima.

"Sesampainya di Rumah Detensi Imigrasi Jakarta, kegiatan dilanjutkan dengan petugas melakukan serah terima pengungsi, antara Rudenim Kupang dan Rudenim Jakarta," kata Melsy.

Selanjutnya, MN dibawa ke tempat penampungan sementara Hotel Mustika di Bekasi, yang berada di bawah pengawasan Rumah Dentensi Imigrasi Jakarta.

"Kita bekerja sama dengan IOM, untuk pengungsi tersebut dapat menjalani proses ditempatkan ke negara Kanada, misalnya pemeriksaan kesehatan (Medical check up), interview oleh Kedutaan negara Kanada yang akan dituju," kata Melsy.

Dengan adanya pemindahan pengungsi dari Kupang ke Kanada, Rudenim Kupang ikut merasa senang karena apa yang diharapkan MN dapat tercapai.

"Semoga aksi demonstrasi yang sering dilakukan oleh pengungsi Afganistan sekali seminggu di Kupang, kiranya dapat dihentikan," harap Melsy.

Melsy pun berterima kasih kepada UNHCR dan IOM yang sudah bekerja keras dalam proses Resettlement pengungsi ke negara ketiga sehingga harapan pengungsi di Kota Kupang bisa terwujud.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/03/225833878/7-tahun-di-kupang-seorang-pengungsi-afganistan-diterima-di-kanada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke