Salin Artikel

Tim Hukum Sebut Lukas Enembe Diperiksa Penyidik KPK Siang Ini

"Ya, Pak Lukas akan diperiksa hari ini jam 13.00 WIT," ujar Anggota THAGP Aloysius Renwarin, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis.

Menurutnya, kepastian pemeriksaan itu disampaikan langsung oleh Lukas Enembe yang dihubungi KPK dan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

"Kami diberi tahu oleh Pak Lukas, kami tidak pernah berkomunikasi dengan Kapolda atau KPK," kata dia.

Aloysius menganggap agenda pemeriksaan kliennya di Jayapura adalah sebuah langkah baik karena KPK memperhatikan aspek kemanusiaan ketika seorang tersangka dalam keadaan sakit.

Mengenai kesiapan Lukas Enembe, ia memastikan kliennya sudah siap untuk diperiksa oleh KPK dan Tom Dokter IDI.

"Kami sudah di Koya Tengah (kediaman pribadi Lukas Enembe) berarti kami sudah siap mendampingi Pak Gubernur. Kalau Pak Gubernur juga sudah siap untuk diperiksa," tuturnya.

PPATK juga telah memblokir sejumlah rekening yang berisi uang Rp 71 miliar. Sejumlah rekening itu diduga terkait dengan Lukas Enembe.


KPK telah memanggil Lukas Enembe sebagai tersangka pada 12 September, tetapi Gubernur Papua itu tak hadir karena sakit.

KPK telah mengirim surat panggilan kedua kepada Lukas Enembe untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih, Jakarta, 25 September. Namun, Lukas kembali tak hadir karena alasan kesehatan.

Pihak Lukas Enembe juga sudah mengajukan permohonan agar KPK memberikan izin kepada yang bersangkutan untuk berobat ke Singapura.

Pada 5 Oktober 2022, KPK memanggil Yulce Wenda Enembe dan Bona Enembe yang merupakan istri dan anak Lukas Enembe, sebagai saksi dari kasus tersebut.

Namun melalui Tim Hukum dan Advokasi Gubernur Papua, kedua orang tersebut menyatakan tidak memenuhi panggilan KPK.

Pada Selasa (11/10/2022), dua dokter spesialis dan seorang perawat dari Singapura datang ke Jayapura untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Lukas Enembe.

Namun, KPK menegaskan Lukas Enembe harus diperiksa oleh tim dokter independen yang ditunjuk KPK, sebelum nantinya ada tindak lanjut dari penanganan kasus tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/03/091909178/tim-hukum-sebut-lukas-enembe-diperiksa-penyidik-kpk-siang-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke