Salin Artikel

Viral Video Gubernur NTT Bantu Selamatkan Warga yang Terjebak Banjir di Dalam Mobil

KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat sedang membantu menyelamatkan warga yang terseret banjir viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 2 menit 34 detik yang diperoleh Kompas.com, terlihat Viktor yang mengenakan baju putih dan celana hitam memberikan aba-aba kepada sejumlah mobil dinas yang melintasi Kali Oelafenu, Desa Supul, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT, yang arusnya sedang deras akibat banjir.

Saat sedang menyaksikan sejumlah kendaraan melintas, sebuah kendaraan Jeep yang dikemudikan oleh warga bernama Peter Suan dan dua orang anaknya terjebak banjir.

Viktor pun langsung bergerak cepat bersama beberapa orang ajudan dan staf yang ikut dalam rombongan. Mereka terjun ke arus banjir dan mengikatkan tali pada badan mobil Jeep dengan batang pohon dan mobil truk yang diparkir di pinggir sungai.

Viktor sempat terjatuh karena arus yang deras, tetapi langsung dipegang oleh beberapa stafnya. Mereka lalu bergandengan tangan menarik mobil tersebut.

Arus sungai yang semakin deras membuat proses evakuasi yang dilakukan secara manual dan peralatan seadanya sempat mengalami kesulitan.

Bahkan, sejumlah ajudan Gubernur NTT yang berupaya ikut menolong warga yang terjebak di dalam kendaraan tersebut juga nyaris hanyut terseret banjir.

Proses penyelamatan yang berlangsung sekitar dua jam itu akhirnya berbuah manis.

Peter Suan bersama kedua orang anaknya berhasil dievakuasi warga dalam keadaan selamat, setelah hujan mulai reda dan banjir mulai surut.

Insiden itu terjadi saat Viktor bersama rombongan sedang melakukan kunjungan kerja ke Desa Supul, Kecamatan Kuatnana. Karena tidak ada jalur alternatif, rombongan terpaksa nekat menerobos derasnya arus banjir.

Gubernur Viktor baru beranjak pergi setelah memastikan semua warga dan kendaraan berhasil dievakuasi.

Staf Ahli Gubernur NTT, Meserasi Ataupah mengatakan, insiden itu terjadi pada Senin (31/10/2022).

"Kejadian Pak Gubernur membantu mengevakusi mobil yang terjebak banjir itu pada Senin (31/10/2022) kemarin sekitar pukul pukul 16.45 Wita," ujar Meserasi Ataupah saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Meserasi yang ikut dalam rombongan menyebut, mobil yang terjebak tersebut nekat menerobos banjir karena hendak menjemput istrinya yang berada di seberang kali.

"Namun, saat berada di tengah kali, mesin mobil mati, sehingga mobilnya terseret banjir," kata Meserasi.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/01/080935078/viral-video-gubernur-ntt-bantu-selamatkan-warga-yang-terjebak-banjir-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke