Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Ibu Hamil Ditinggal oleh Suami di SPBU | Waroeng SS Potong Gaji Karyawan Penerima BSU

KOMPAS.com - Seorang ibu hamil ditinggalkan seorang diri oleh suaminya di SPBU Lueng Bata, Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh.

Meski sedang hamil tiga bulan, Maryana (19) ditinggalkan oleh suaminya, Stefanus Ingatan Zai (22).

Maryana ditinggalkan usai sang suami mengisi bensin sepeda motornya di SPBU tersebut.

Berita lainnya, viral di media sosial foto surat pemotongan gaji karyawan Waroeng Spesial Sambal (SS) yang menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Surat itu ditandatangani oleh pemilik sekaligus Direktur Waroeng Spesial Sambal Yoyok Hery Wahyono.

Dalam surat tersebut memuat tulisan yang menyebutkan bahwa karyawan Waroeng SS yang telah menerima BSU sebesar Rp 600.000 akan menerima pemotongan gaji Rp 300.000 per bulan untuk penerimaan periode November dan Desember 2022.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Sabtu (29/10/2022).

Peristiwa tersebut terjadi di SPBU Lueng Bata, Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Kamis (20/10/2022).

Waktu itu, Maryana dan suaminya, Stefanus Ingatan Zai (22), berkeliling di Kota Banda Aceh menggunakan motor Honda Sonic bernomor polisi BL 3531 AAL.

Di tengah perjalanan, pasangan suami istri tersebut mengisi bensin di SPBU Lueng Bata. Namun, setelah mengisi bensin, Stefanus langsung meninggalkan istrinya.

“Saya pikir dia kembali, tapi sampai sekarang engga balik-balik,” ujarnya, Kamis (27/10/2022).

Baca selengkapnya: Cerita Maryana, Hamil 3 Bulan dan Ditinggalkan Seorang Diri oleh Suami di SPBU

"Datuk" Mawi, begitu orang memanggilnya, dulunya merupakan seorang pemburu harimau. Pada masanya, Mawi membunuh sekitar 150 harimau di Sumatera.

Mawi menjagal harimau dari tahun 1971 hingga akhir tahun 2017. Dalam satu bulan, dia pernah membunuh enam harimau.

"Saya telah membunuh harimau kurang lebih 150 ekor. Boleh dibilang terbanyak di sini," ucapnya di Sarolangun, Jambi, Jumat (5/8/2022),

Namun, kini Mawi sudah bertobat. Sebagai upaya penebusan dosa masa lalu, Mawi saat ini membersihkan hutan dari perangkap jerat dan menyadarkan pemburu lain untuk berhenti.

Titik balik Mawi terjadi sewaktu ia bertemu seorang pria yang mengaku ingin membeli harimau. Dia ternyata adalah Iswadi dari Lingkar Inisiatif.

"Awalnya dia ikut ke hutan, pura-pura beli, suruh berburu. Kemudian dia minta saya berhenti dan dibawa berhenti. Saya dikasih alternatif kegiatan dan dibawa patroli," ungkap Mawi.

Baca selengkapnya: Pertobatan Mawi Sang Jagal, Dulu Kecanduan Bantai 150 Harimau, Kini Jadi Malaikat Pelindung

Foto surat yang memuat tulisan pemotongan gaji karyawan Waroeng Spesial Sambal penerima BSU, viral di media sosial.

Surat tersebut menyebutkan bahwa karyawan Waroeng SS yang telah menerima BSU sebesar Rp 600.000 akan menerima gaji pemotongan gaji Rp 300.000 per bulan untuk penerimaan periode November dan Desember 2022.

Pemilik sekaligus Direktur Waroeng Spesial Sambal (SS) Yoyok Hery Wahyono membenarkan adanya surat itu.

"Benar, itu kebijakan saya. Hal yang sama pernah terjadi di September-November 2021," tuturnya, Sabtu (29/10/2022).

Yoyok mengatakan, tak semua karyawannya mendapat BSU. Ia menuturkan, penerimaan BSU justru menimbulkan kecemburuan bagi karyawan yang tak menerimanya.

Baca selengkapnya: Viral, Surat Edaran Waroeng SS Potong Gaji Karyawan Rp 300.000 bagi yang Terima BSU, Keberatan Silakan Undur Diri

Nikita Mirzani, yang kini sedang ditahan di Rutan Kelas IIB Serang, Banten, membuat heboh.

Pada Kamis (27/10/2022), sang artis mentraktir piza semua tahanan di rutan tersebut. Piza itu dibawakan oleh manajer Nikita Mirzani, Dhea Hanifah dan Jessica Tiffany.

Terkait aksi Nikita Mirzani tersebut, Kepala Rutan Kelas IIB Serang Doddy Naksabani mengaku tidak melarang siapa pun yang ingin berbagi makanan.

"Mbak Nikita mau berbagi di Rutan sesama tahanan, kalau berbagi apa salahnya," terangnya, Jumat (28/10/2022).

Untuk mentraktir piza kepada ratusan tahanan, Nikita merogoh kocek hingga Rp 10 juta.

Baca selengkapnya: Nikita Mirzani Traktir Piza Semua Tahanan, Ini Respons Kepala Rutan Serang

Muncul wacana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijodohkan sebagai capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

Wacana perjodohan Ganjar dan Ridwan Kamil tersebut dilontarkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam Gala Dinner di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi wacana itu.

"Ojo mancing-mancing loh, Mas (jangan mancing-mancing)," jelasnya, Sabtu.

Gibran pun meminta awak media untuk menanyakan langsung kepada Bima Arya mengenai wacana pemasangan Ganjar dan Ridwan Kamil tersebut.

Baca selengkapnya: Ganjar dan Ridwan Kamil Dipasangkan sebagai Capres-Cawapres, Gibran: Ojo Mancing-mancing

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Yogyakarta Wijaya Kusuma; Kontributor Serang, Rasyid Ridho; Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Rachmawati, David Oliver Purba, Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2022/10/30/065633078/populer-nusantara-ibu-hamil-ditinggal-oleh-suami-di-spbu-waroeng-ss-potong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke