Salin Artikel

5 Anak di Jateng Terindikasi Gagal Ginjal Akut, Ini Langkah Ganjar Pranowo

BLORA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencatat sebanyak lima anak di wilayahnya terkena kasus gagal ginjal akut (GGA).

Untuk mencegah merebaknya kasus tersebut, orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengatakan ada sejumlah solusi dalam menanganinya.

Menurutnya, Kementerian Kesehatan juga sudah memberikan rekomendasi obat-obatan yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi bagi anak-anak terindikasi penyakit tersebut.

Bahkan, ada beberapa obat-obatan yang telah ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena mengandung cemaran etilen glikol.

"Ya memang tidak gampang, tapi kami harus bekerja untuk itu, di Jateng yang masih terdata ada lima," ujar Ganjar, saat ditemui wartawan di Blora, Jawa Tengah, Rabu (26/10/2022).

Ganjar mengatakan, upaya menangani permasalahan tersebut dengan mengerahkan dinas kesehatan agar proaktif untuk memantau seluruh rumah sakit ataupun layanan kesehatan (yankes) yang merawat anak-anak terindikasi gagal ginjal.

"Kami harapkan datanya cepat untuk dikirim ke kami, sehingga kami bisa merawat dengan baik dan kami bisa mengurangi potensi-potensi yang lebih fatal, karena laporan tiap hari ini menurut saya sekarang menjadi penting," kata dia.

Selain memantau layanan kesehatan yang merawat anak-anak terindikasi gagal ginjal, memberikan sosialisasi kepada orangtua juga penting untuk mengetahui obat-obatan yang boleh dan yang tidak dikonsumsi bagi anak.

"Beberapa obat-obatan yang kemarin itu sudah masuk catatan atau peringatan untuk tidak digunakan, ini cara kami mencegah, kami sosialisasi terus menerus," terang dia.

"Maka yankes-yankes ini kami minta juga proaktif ya, nanti kami gerakkan juga dinas kesehatan puskesmas agar semua orang ngomong ke publik sehingga orang tahu," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/26/191141878/5-anak-di-jateng-terindikasi-gagal-ginjal-akut-ini-langkah-ganjar-pranowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke