Salin Artikel

Cegah Rabies, Ratusan Kucing dan Anjing di Solo Disuntik Vaksin Gratis

Penyuntikan vaksin rabies tersebut dilaksanakan di Pendopo Kantor Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/10/2022).

Kepala Bidang Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Solo Agus Sasmita mengatakan, penyuntikan vaksin rabies untuk kucing dan anjing di Solo dimulai di Kelurahan Banyuanyar pada 18 Oktober 2022.

Setelah itu dilanjutkan di Kelurahan Sumber, Kelurahan Nusukan, Kelurahan Jebres, Kelurahan Pucangsawit dan terakhir di Kelurahan Kadipiro.

"Yang divaksin kurang lebih sekitar 400 anjing dan kucing target kita," kata Agus di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Meski belum ada temuan kasus rabies di Solo, jelas Agus, vaksin rabies penting untuk mencegah penyakit rabies pada hewan peliharaan. Maka dari itu, program vaksinasi rabies ini dilaksanakan setiap tahun di Solo.

"Ini rutin tiap tahunan. Setiap tahun kita laksanakan. Berganti-ganti tempat. Tujuan (vaksinasi rabies) ini kan dalam rangka mempertahankan Solo yang masih bebas rabies," jelas Agus.

"Kita mengimbau setelah vaksin tidak dimandikan kurang lebih selama seminggu atau dua minggu. Terus dipantau kondisi kesehatannya," ungkap Agus.

Seorang warga Kadipiro Wiji Lestari mengaku senang ada program vaksinasi rabies secara gratis dari pemerintah. Sehingga kucing miliknya yang sudah berusia setahun bisa disuntik vaksin.

"Senang banget ada vaksin rabies gratis. Dengan adanya vaksin rabies gratis membantu banget," kata Wiji.

Wiji mengaku mendengar informasi ada penyuntikan vaksin rabies secara gratis dari Ketua RT. Mendengar ada informasi itu dia kemudian ikut mendaftar untuk menyuntik vaksin rabies kucingnya.

Ia pun berharap program vaksinasi rabies secara gratis untuk hewan peliharaan bisa terus diadakan oleh pemerintah.

"Harapannya nanti bisa diadakan terus. Karena kadang kalau mau ke dokter hewan itu pada mikir. Kayak biaya dan lain-lain," ungkap Wiji.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/26/145936478/cegah-rabies-ratusan-kucing-dan-anjing-di-solo-disuntik-vaksin-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke