Salin Artikel

Kronologi Kebakaran Rumah di Desa Takaplager Sikka, Kerugian Ditaksir Rp 200 Juta

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor (Polres) Sikka AKP Margono menyebut, rumah yang terbakar milik Melkior Nasi (50), warga Dusun Poma, Desa Takaplager.

Rumah tersebut memiliki lima kamar tidur. Sebanyak empat kamar disewakan kepada para mahasiswi salah satu kampus swasta di Maumere.

Berdasarkan keterangan istri Melkior, Maria Nasa (39), asap tebal dan api pertama kali terlihat dari kamar yang ditempati BVDG (19) dan MYNA (19), pukul 07.49 Wita.

Maria lalu berteriak meminta tolong kepada tetangga. Mendengar teriakan Maria, ketiga saksi, yakni GHD (35), YP (48), YF (42), langsung mendatangi lokasi kejadian.

"GHD dan YP kemudian membuka kamar yang dihuni BVDG dan MYNA. Keduanya melihat kobaran api dari kamar tersebut," jelasnya.

Ketiganya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, api dengan cepat merambat dan membakar sejumlah barang.

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.00 Wita setelah tim pemadam mengerahkan satu unit mobil tangki air," katanya.

Margono menambahkan, saat kejadian, listrik di rumah tersebut dalam keadaan padam. Penghuni kamar sempat menyalakan lilin untuk penerangan.

"Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Untuk sementara masih pemeriksaan saksi-saksi," katanya.

Sebab, berdasarkan keterangan mahasiswa itu, lilin tersebut sudah dipadamkan sebelum ke kampus.

"Belum diketahui secara pasti penyebabnya karena dari keterangan yang kita ambil dari anak mahasiswa itu katanya saat ke kampus lilinnya sudah dimatikan," ujarnya.

Kerugian ditaksir Rp 200 juta

Johan menambahkan, kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp 200 juta.

"Kerugian materiel diperkirakan kurang lebih Rp 200.000.000. Ada uang tunai Rp 30 juta dan barang berharga lain ikut terbakar," ujar Johan.

Johan mengatakan, para korban menetap sementara di rumah yang disiapkan Polsek Nita. Mereka akan dipindahkan setelah mendapat tempat tinggal yang baru.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/26/065442578/kronologi-kebakaran-rumah-di-desa-takaplager-sikka-kerugian-ditaksir-rp-200

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke