Salin Artikel

Balada Wakil Rakyat Malas Rapat, Berujung Ruang Paripurna Disegel Ketua DPRD Banjar: Jika Tak Hadir Lagi, Pintu Akan Dicor

KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjar M Rofiqi menyegel ruang paripurna DPRD Banjar menggunakan rantai.

Aksi itu merupakan buntut kecewaannya terhadap sikap anggota DPRD Banjar yang malas mengikuti rapat.

Gara-gara sikap tersebut, rapat tak hanya sekali batal diselenggarakan karena tidak memenuhi kuorum.

Padahal, kata Rofiqi, rapat itu untuk membahas sejumlah agenda penting yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

"Ruang paripurna Dewan ini kita kunci dan segel. Terpaksa saya segel karena sering kali rapat tidak memenuhi kuorum, sehingga tak dapat digelar," ujar Rofiqi dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

"Takutnya justru diisi setan dan jin, lebih baik dirantai saja. Ruang paripurna dewan ini kita kunci dan segel," imbuhnya.

Ia menuturkan, jika ke depannya sebagian anggotanya masih enggan mengikuti rapat, Rofiqi akan mengecor pintu ruang rapat dengan beton.

"Ini jangan-jangan kawan-kawan juga sudah lupa jadwal atau apa. Saya juga tidak tahu. Jika besok atau seminggu tidak hadir, akan kita cor beton pintu ruang paripurna agar tidak bisa masuk lagi," ucapnya.


Gairah kerja menurun

Menurut dugaan Rofiqi, sikap anggota DPRD Banjar yang malas rapat tersebut karena mengalami penurunan gairah kerja.

"Jangan-jangan ini ada gerakan gakirun alias gairah kinerja menurun," ungkapnya.

Oleh karena itu, terang Rofiqi, dengan disegelnya ruang rapat paripurna DPRD Banjar, bisa menjadi penilaian masyarakat dalam memilih wakil rakyat.

"Ke depan, tentu masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pemilu bisa selektif lagi dalam memilik wakil rakyatnya," tuturnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar | Editor: Robertus Belarminus, Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2022/10/22/064600578/balada-wakil-rakyat-malas-rapat-berujung-ruang-paripurna-disegel-ketua-dprd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke