Salin Artikel

Sempat Dirawat, 2 Balita di Palembang Meninggal, Diduga Gagal Ginjal Misterius

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mendapatkan laporan bahwa dua orang balita dinyatakan meninggal lantaran diduga terkena penyakit gagal ginjal misterius.

Kedua anak itu sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang selama beberapa hari. Kondisi keduanya pun terus menurun hingga akhirnya meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Trisnawarman mengatakan, kedua anak tersebut warga Kota Palembang dan Jambi.

“Dua anak ini berusia di bawah lima tahun. Dugaan sementara terkena penyakit gagal ginjal akut, kami mendapatkan laporannya kemarin,” kata Trisnawarman, Kamis (20/10/2022).

Trisnawarman menjelaskan, sampel dari kedua anak itu telah diambil untuk dicek ke laboratorium sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan.

“Uji sampel itu untuk memastikan lagi apakah pasien mengalami kerusakan ginal umum atau ginjal akut, ini akan diteliti lagi,” beber dia.

Untuk pencegahan awal, Dinkes Sumatera Selatan mengimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak mengonsumsi obat sirup yang mengandung etilen glikol.

“Masyarakat jangan khawatir, kami sudah melakukan protap sesuai dari Kemenkes untuk penanganan penyakit ini. Sehingga, apabila ada anak yang mengalami gejala, cepat segera dibawa ke Faskes agar dapat penanganan lebih cepat,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/20/120645278/sempat-dirawat-2-balita-di-palembang-meninggal-diduga-gagal-ginjal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke