Salin Artikel

Sejumlah Wilayah di Kabupaten Malang Dilanda Banjir dan Longsor, Ini Sebarannya

Sejumlah petugas dan relawan sampai Selasa (18/10/2022) masih melakukan evakuasi pada warga-warga yang terdampak.

Berdasarkan catatan BPBD, longsor terjadi di delapan desa di Kecamatan Ampelgading. 

"Terhitung ada 18 kepala keluarga terdampak akibat bencana itu, dan 13 hewan ternak tertimbun longsor," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan melalui pesan singkat, Selasa (18/10/2022).

Longsor juga terjadi di satu desa di Kecamatan Dampit dengan jumlah warga terdampak sebanyak 4 kepala keluarga (KK), satu desa di Kecamatan Donomulyo dengan 3 KK terdampak.

Lalu, satu desa Kecamatan Sumbermanjing Wetan berdampak pada akses jalan, dan 5 desa di Kecamatan Tirtoyudo dengan jumlah warga terdampak sebanyak 24 KK.

Lalu untuk banjir luapan di antaranya terjadi di satu desa Kecamatan Bantur dengan jumlah warga terdampak sebanyak 6 KK, dua desa di Kecamatan Gedangan sebanyak 210 KK. 

Kemudian, tiga desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan 682 KK terdampak, satu desa di Kecamatan Donomulyo, dan satu desa di Kecamatan Pagak.

"Untuk Kecamatan Donomulyo dan Pagak jumlah warga terdampak masih proses pendataan," jelasnya.

Sementara untuk banjir bandang terjadi di dua desa di Kecamatan Tirtoyudo dengan jumlah warga terdampak sebanyak 269 KK dan satu desa di Kecamatan Ampelgading dengan jumlah terdampak sebanyak 723 KK.

"Selain berdampak ke permukiman warga, banjir bandang ini juga membuat satu jembatan jebol di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo dan kurang lebih 250 hektare sawah terendam," tuturnya.

Bencana ini menurut Sadono di antaranya juga berdampak pada tertutupnya akses jalan, saluran listrik mati dan beberapa beberapa wilayah juga masih tergenang air hingga ketinggian 1-2 meter.

"Sampai saat ini, terhitung masih ada dua desa yang terisolasi karena jalur menuju Lokasi tertutup material longsor," bebernya.

Sementara tim relawan masih terus berupaya mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman, mendirikan dapur umum, dan evakuasi material dengan alat berat.

"Untuk warga sementara ini dievakuasi ke rumah tetangga yang lebih aman," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/18/183141878/sejumlah-wilayah-di-kabupaten-malang-dilanda-banjir-dan-longsor-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke