Salin Artikel

Buntut Kasus Irjen Teddy Minahasa, 5 Personel Polres Bukittinggi Diperiksa Divpropam Polri

Kelima orang tersebut adalah mantan Wakapolres Bukittinggi, Kompol Syukur Hendri, Mantan Kasat Resnarkoba Polres Bukittinggi AKP Aleyxi Aubedillah, Kasat Tahti Polres Bukittinggi Iptu Joni, Kasi Propam Polres Bukittinggi Iptu Ekmarlidon.

Kemudian seorang penyidik Polres Bukittiggi yang bertugas dalam pengungkapan kasus peredaran gelap narkoba seberat 41,4 kilogram oleh Polres Bukittinggi beberapa waktu yang lalu, yakni Brigadir Heru Prayetno.

"Betul ada lima personel yang diperiksa oleh Divisi Propam Mabes Polri terkait kasus Irjen Teddy," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan yang dihubungi Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Dwi menjelaskan kelima saksi tersebut telah dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan oleh Divisi Propam Mabes Polri di Jakarta di hari yang berbeda satu sama lainnya.

"Kompol Sukur Hendry dan Brigadir Heru Prayetno diperiksa pada hari ini, sementara tiga lagi dijadwalkan menjalani pemeriksaan besok hari. Kelimanya diminta untuk memberikan keterangan dalam dugaan pelanggaran kode etik Irjen Pol Teddy Minahasa Putra,” ujar Dwi.

Sebelumnya diberitakan, Irjen Teddy Minahasa ditangkap terkait dugaan kasus narkoba.

Kini, dia ditempatkan secara khusus (patsus) sambil menunggu sidang etik dalam rangka pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pengungkapan keterlibatan Teddy Minahasa dalam kasus peredaran narkoba terungkap dari penyelidikan penyidik Polda Metro Jaya.


Dalam penyelidikan, Polda Metro Jaya mengungkap jaringan pengedar narkoba dan menangkap tiga warga sipil.

Setelah itu, kata Sigit, penyidik Polda Metro Jaya melakukan pengembangan dan ternyata menemukan keterlibatan dua polisi lain.

Pengembangan penyelidikan pun terus dilakukan sampai akhirnya penyidik menemukan keterlibatan oknum anggota polri berpangkat AKBP, mantan Kapolres Bukittinggi, hingga Irjen Teddy Minahasa.

Sigit pun meminta Kadiv Propam Irjen Syahardiantono untuk menjemput Irjen Teddy untuk diperiksa. Saat ini Irjen Teddy Minahasa masih berada di Patsus Propam.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/17/193507378/buntut-kasus-irjen-teddy-minahasa-5-personel-polres-bukittinggi-diperiksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke