Salin Artikel

Presiden Jokowi Tinjau Pura Mangkunegaran Solo, Ini Kata Gibran

Sejumlah Menteri yang hadir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, tampak juga Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, mendampingi Presiden Jokowi dan rombongan. Mereka terlihat melakukan beberapa peninjauan di sejumlah titik di Pura Mangkunegaran.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan kunjungan Presiden Jokowi berserta rombongan itu untuk melakukan peninjauan revitalisasi Pura Mangkunegaran yang saat ini telah berlangsung.

"Pertemuan tertutup, yang jelas kami Pemerintah Kota Solo dibantu juga dengan Pemerintah Pusat sangat berkomitmen untuk istilahnya merawat Mangkunegaran ini," kata Gibran seusai mendampingi Presiden Jokowi, Minggu (16/10/2022).

Lanjut Suami Selvi Ananda itu, adanya revitalisasi tersebut, Pura Mangkunegaran direncanakan akan menjadi tempat destinasi wisata dan lokasi event-event.

"Kita lihat ini kan sudah sangat asri, sudah sangat bersih, dan sering dijadikan tempat untuk event-event bahkan event internasional. Jadi ini nanti akan kita jadikan salah satu ikon destinasi wisata unggulan di Kota Solo, tentunya juga dibantu oleh para Menteri," ucapnya.

"Di belakang udah, di belakang lagi jalan yang lapangan tenis. Nah ini nanti mungkin selanjutnya kita garap yang di depan dan di dalam," ujarnya.

Percepatan revitalisasi ini juga berjalan beriringan dengan revitalisasi Koridor Gatot Subroto (Gatsu) - Ngarsopuro, yang akan dijadikan street art Kota Solo.

"Koridor itu kan kita kebut juga, kan nanti apa semuanya akan berpusat di sini (Mangkunegaran) gitu jadi memang harus sinergi semua," jelasnya.

Disinggung soal persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Gibran enggan berkomentar banyak soal opsi rencana venue pernikahan.

"Ndak, kita ndak bahas pernikahan. Pernikahan sudah diurus Kaesang," kata Gibran.

Disisi lain, KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengatakan kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan sebagai bentuk sinergitas Mangkunegaran dengan pemerintah.

"Pertama, silaturahmi. Kedua, kita bisa bersama-sama berdiskusi bisa menjaga kebudayaan. Bagaimana kita bisa melestarikan, terutama di Kota Solo dan sekitarnya. Yang penting Mangkunegaran hidup dan berkontribusi untuk masyarakat," jelas KGPAA Mangkunegara X, Minggu (16/10/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/10/16/131334178/presiden-jokowi-tinjau-pura-mangkunegaran-solo-ini-kata-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke