Salin Artikel

9 WNI Diduga Korban Kecelakaan Laut Terombang-ambing di Selat Makassar, Ditemukan Kapal Berbendera Singapura

TARAKAN, KOMPAS.com – Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Kota Tarakan, Kalimantan Utara, merilis laporan adanya penemuan 9 WNI, diduga korban kecelakaan laut, terombang-ambing di perairan Selat Makassar.

Laporan pers yang dikeluarkan Jumat (14/10/2022) pagi itu menyebutkan, peristiwa terjadi pada Kamis (13/10/2022) sekitar pukul 14.40 Wita.

Kepala Seksi Operasi Kantor Search and Rescue (SAR) Tarakan, Dede Hariana, mengatakan, 9 WNI dimaksud, ditemukan oleh Kapal berbendera Singapura, bernama BW Paris CSO.

"Lokasi temuan korban berjarak 12 jam dari Kantor SAR Tarakan, atau sekitar 185,58 Nautical Mile," kata Dede melalui pesan tertulis.

Belum ada laporan kronologi kejadian yang dijelaskan SAR.

"Kapal yang dinaiki 9 orang, data korban dan kronologi belum kami dapatkan," ujar dia.

Laporan diterima dari Dansatrol Lantamal XIII/Tarakan Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal, yang menginformasikan adanya kapal berbendera Singapura BW Paris CSO, menemukan 9 WNI yang terombang-ambing di laut Selat Makasar bagian utara-timur Tarakan dengan liferaft.

Satu dari 9 orang korban, bahkan tidak sadarkan diri.

Dede melanjutkan, kapal BW Paris CSO juga telah berkordinasi dengan KRI Badik yang melintas, untuk mengintercept/bertemu di koordinat 02 ˚ 03.0 N 119 ˚ 22.0 E. dan estimasi waktu bertemu pukul 23.00 Wita.

"Rencananya KRI Badik akan mengevakuasi korban tersebut ke Tarakan dengan estimasi waktu tiba, pukul 11.00 Wita, bersandar di dermaga Lantamal XIII/Tarakan. Untuk selanjutnya akan dievakuasi ke rumah sakit," kata Dede.

Saat ini, Tim SAR juga telah diberangkatkan untuk membantu evakuasi dan mendalami kronologi kejadian.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/14/083123978/9-wni-diduga-korban-kecelakaan-laut-terombang-ambing-di-selat-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke