Salin Artikel

Bima Arya Ajak Wali Kota Seluruh Indonesia Kunjungi Kampung Batik Kauman Solo

Kunjungannya tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Indo Smart City (ISC) 2022 Apeksi, bertajuk "Mlampah-mlampah Ing Kampung Wisata Batik Kauman Bareng Para Wali Kota".

Bima Arya mengatakan, tujuan mengajak wali kota seluruh Indonesia ke Kampung Batik Kauman agar bisa belajar dari Kampung Batik Kauman. Selain sebagai tempat belanja batik, Kampung Batik Kauman bisa menjadi tempat belajar mencanting batik.

"Dan mengundang teman-teman wali kota, kepala daerah se-Indonesia dan warga semua, turis untuk mampir ke sini kalau ke Solo. Mungkin bisa seharian di sini kita. Pagi-pagi sarapan, ngopi, belanja, mencanting batik, selfie-selfie dan sebagainya," kata Bima Arya di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

"Terakhir ke sini belum ada beberapa tahun yang lalu. Ini inovasi, kolaborasi dari generasi senior dengan generasi berikutnya. Jadi kalau memang batik ini mau terus populer di generasi berikutnya memang harus berkolaborasi dengan sentuhan kekinian. Dan saya lihat itu ada di Kampung Batik Kauman," jelas dia.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengaku membeli banyak batik di Kampung Batik Kauman. Kain batik yang dia beli kebanyakan warna biru. Dirinya juga membelikan outer batik untuk istrinya.

"Ini keren banget ada outer buat istri. Nanti dibuat untuk dijahit dikombinasikan semua. Lumayanlah stok berapa bulan ke depan aman," ungkap dia.

Diungkapkan Bima Arya dirinya sempat sedih datang ke Kampung Batik Kauman di saat pandemi Covid-19. Menurut dia kondisi Kampung Batik Kauman sepi pengunjung.

"Tapi sekarang sudah recovery, sudah balik lagi bahkan berinovasi berinovasi. Dan saya senang ada sentuhan-sentuhan CSR. Ini namanya kolaborasi. Jadi ada hal-hal baru dan menarik," ungkap Bima Arya.

"Selamat untuk Pak Wali dan Kampung Batik Kauman rasanya semua harus belajar di sini ditambah lagi bersih. Itu penting," sambung Bima Arya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/13/111150878/bima-arya-ajak-wali-kota-seluruh-indonesia-kunjungi-kampung-batik-kauman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke