Salin Artikel

Kepsek yang 5 Kali Perkosa Siswi di Buru Selatan Dicopot dari Jabatan

“Pemkab telah mengambil tindakan tegas dengan memberhentikan dia (RH) dari jabatan kepala sekolah,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Buru Selatan, M Ali Soulissa saat dihubungi dari Ambon, Selasa (11/10/2022).

Ali mengaku perbuatan yang dilakukan RH terhadap siswinya itu tidak bisa ditoleransi.

Sebab perbuatan itu tidak hanya berkaitan dengan perbuatan pidana namun juga sangat melanggar etika dan moral serta norma kesusilaan.

“Kami tentu sangat menyayangkan kejadian ini, ada kepala sekolah yang tega melakukan perbuatan tidak terpuji kepada siswinya sendiri. Ini kepala sekolahnya tidak punya etika sama sekali,” ungkapnya.

Ia juga menyayngkan kejadian itu karena perbuatan bejat RH itu telah mencoreng nama baik dunia pendidikan di Buru Selatan.

“Perilaku ini tidak baik dan mencoreng dunia pendidikan,” akunya.


Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Ali mengaku pihaknya akan memanggil semua kepala sekolah di wilayah itu untuk membahas sejumlah langkah pencegahan.

Salah satunya dengan cara menggencarkan sosialisasi sekolah ramah anak di setiap sekolah.

“Kita akan panggil semua kepala sekolah dan kita akan lakukan sosialiasi sekolah ramah anak agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi,” katanya.

Saat ini RH telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan di sel tahanan Polres Buru Selatan. Ia dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara.

Ali memastikan sanksi yang lebih berat lagi akan diberikan kepada RH apabila proses hukum kasus tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap di pengadilan.

“Kita tunggu saja, sesuai aturan apabila hukumannya 5 tahun maka yang bersangkutan akan dipecat dari ASN,” katanya.

Sebelumnya seorang siswi SD di Namrole, Buru Selatan, Maluku berulang kali diperkosa oleh kepala sekolahnya sendiri. Tercatat sudah lima kali korban diperkosa baik di rumah dinas sang kepala sekolah, maupun di rumah kosong dan lokasi lainnya.

Adapun modus pelaku melancarkan aksi bejatnya itu dengan cara mengiming-imingi korban akan memberikan nilai yang bagus kepada korban.

Kasus ini akhirnya terbongkar setelah korban yang sudah tidak tahan lagi menceritakan perbuatan pelaku kepada ibunya. Sang ibu yang tidak terima langsung melaporkan pelaku ke polisi.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/11/190606278/kepsek-yang-5-kali-perkosa-siswi-di-buru-selatan-dicopot-dari-jabatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke