Salin Artikel

Banjir Aceh Utara, 5 Rumah Rusak Berat, Salah Satunya Hancur

ACEH UTARA , KOMPAS.com - Sebanyak lima unit rumah di Desa Meunasah Mancang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Provinsi Aceh rusak berat akibat diterjang banjir. Satu rumah di antaranya hancur total akibat terseret arus banjir yang terjadi sepekan terakhir.

Kepala Desa Meunasah Mancang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara Zainal Abidin menyebutkan, rumah yang hancur terseret banjir itu milik Jamaluddin (49).

Dia menjelaskan, banjir kali ini juga menjebol tanggul sungai di desa itu. Sehingga debit air dengan kecepatan tinggi masuk ke kawasan pemukiman penduduk.

“Kami masih ada 250 kepala keluarga mengugsi, termasuk saudara kita yang musibah yang rumahnya rusak dan rumahnya hancur itu,” katanya dihubungi melalui telepon, Senin (10/10/2022).

Selain itu, warga mulai mengalami gatal-gatal dan kekurangan pasokan air bersih.

“Untuk logistik makanan sudah ada, cukuplah buat tiga hari,” katanya.

Sedangkan bantuan lain, sambungnya belum tiba di desa itu. “Kami butuh suplai air bersih dan obat-obatan. Selain itu, kami minta pemerintah bantu rehab rumah dan bangun rumah warga yang rusak,” harapnya.

Jalan Nasional mulai bisa dilalui

Sementara itu, lintas jalan nasional yang terendam banjir di Desa Lhoksukon, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, hari ini sudah bisa dilalui. Banjir mulai surut di kawasan tersebut.

Sebelumnya diberitakan banjir merendam ke 15 kecamatan dari 27 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Satu warga dilaporkan meninggal dunia dalam musibah tahunan di kabupaten ini. Pada banjir tahun lalu, sebanyak tiga warga dilaporkan meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/10/151445078/banjir-aceh-utara-5-rumah-rusak-berat-salah-satunya-hancur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke