Salin Artikel

BPBD: 17 Kecamatan di Banyuwangi Rawan Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Banyuwangi mencatat ada 17 kecamatan yang rawan terjadi bencana banjir.

Belasan kecamatan tersebut dibagi menjadi dua tingkat kerawanan. Yakni tingkat kerawanan banjir tinggi dan sedang.

Adapun wilayah dengan tingkat kerawanan tinggi terdapat sepuluh kecamatan.

Yakni Kecamatan Banyuwangi, Kabat, Kalibaru, Kalipuro, Licin, Muncar, Pesanggaran, Rogojampi, Siliragung, dan Wongsorejo.

Sedangkan wilayah dengan tingkat kerawanan banjir sedang, meliputi Kecamatan Bangorejo, Blimbingsari, Cluring, Gambiran, Genteng, Giri, Glagah, terakhir sebagian kelurahan di Kecamatan Banyuwangi.

"Untuk itu kami imbau agar masyarakat lebih waspada terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir," kata Plt Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, Senin (10/10/2022).

Dicontohkan seperti yang terjadi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pada Jumat sore hingga Sabtu Pagi (7-8/10/2022). Ada 34 rumah warga yang terendam banjir.

Tak hanya rumah, bahkan Kantor Camat dan Puskesmas di Kecamatan Pesanggaran juga tak luput dari terjangan banjir. Akibatnya aktivitas warga sempat lumpuh.

Ketinggian banjir yang terjadi di Desa Sumberagung cukup bervariatif. Dari yang setinggi mata kaki hingga setinggi lutut orang dewasa.

"Akses jalan utama depan kantor Kecamatan Pesanggaran kisaran 40 cm dan juga ber-arus. Sehingga mengganggu dan membahayakan pengguna jalan," ujarnya.

Tak hanya banjir, hujan lebat yang terjadi tersebut juga membuat sejumlah tempat di Kecamatan Pesanggaran mengalami longsor.

Sebagai informasi, sebagian wilayah di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, telah memasuki musim penghujan lebih awal. Untuk itu BPBD mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/10/135329378/bpbd-17-kecamatan-di-banyuwangi-rawan-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke