Salin Artikel

Wayang Wong Ngesti Pandowo dan 15 Budaya asal Jateng Resmi Diakui sebagai WBtb Nasional

SEMARANG, KOMPAS.com - Wayang Wong Ngesti Pandowo yang melegenda di Semarang beserta 15 karya budaya asal Jawa Tengah resmi diakui Kemendikbud RI sebagai warisan budaya tak benda atau yang disebut intangible cultural heritage (ICH) 2022.

Sepanjang 2022, Kabid Kebudayaan Disdikbud Jateng Eris Yunianto mengusulkan 16 budaya untuk diuji, dinilai dan dikaji kelayakannya oleh Kemendikbudristek.

"Dari usulan itu, diakui semua oleh Kemendibudristek dikti jadi karya budaya berpredikta nasional," ujar Eris, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, pada Rabu (5/10/2022).

Sampai sekarang, tercatat sejumlah 119 karya budaya asal Jateng yang berpredikat WBtb nasional.

Mulai dari seni pertunjukan, kemahiran, hingga ritus yang telah mendarah daging di masyarakat.

Sementara penetapan 16 WBtb yang berasal dari berbagai daerah dan kategori itu dilakukan secara daring pada Jumat (30/9/2022) kemarin.

Di antara budaya yang kini menyandang WBtb nasional 2022 adalah, Warak Ngendog, Telur Mimi Kendal, Barongan Kudus, Jenang Kudus, Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus.

Kemudian, Tenun Troso Jepara, Tempe Kemul Wonosobo, Baritan Asemdoyong, Ngabeungkat Dawuan, Batik Salem Brebes Jawa Tengah Kemahiran dan Kerajinan Tradisional.

Selanjutnya, Kirab Malam 1 Suro Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Teater Rakyat Menoreh Cilacap, Payung Juwiring, Putaran Miring Gerabah Melikan dan, Kitab Primbon Haji Syekh Imam Tabbri Sragen.

Proses pengusulan karya budaya dilakukan secara berjenjang. Pemerintah kabupaten atau kota harus menyiapkan dokumen atau saksi budaya.

Untuk menyandang gelar itu, sebuah kebudayaan harus mengakar di masyarakat paling tidak 50 tahun.


Bila memenuhi syarat, usulan akan disampaikan ke Kemendikbud RI melalui Disdikbud Provinsi Jateng.

Eris mengingatkan, upaya pelestarian budaya itu harus lebih serius. Sebab, gelar WBtb akan dicabut oleh Kemendikbud RI bila karya tak dilestarikan.

“Setelah ditetapkan sebagai WBTb, budaya tersebut bisa menjadi benchmark atau acuan bagi produk kebudayaan tersebut,” terang dia.

Pihaknya optimistis, di masa depan WBtb yang telah ditetapkan secara nasional tersebut, dapat diakui oleh UNESCO.

Perlu diketahui, Badan PBB yang mengurus kebudayaan dunia ini setiap dua tahun menetapkan suatu budaya dari negara-negara dunia sebagai warisan budaya dunia.

Sebagai informasi sampai saat ini, 12 WBTb asal Indonesia yang ditetapkan oleh Unesco sebagai ICH.

Di antaranya, wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun.

“Yang terbaru, gamelan Indonesia juga mendaptkan predikat ICH dari UNESCO,” pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/05/195035178/wayang-wong-ngesti-pandowo-dan-15-budaya-asal-jateng-resmi-diakui-sebagai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke