Salin Artikel

Pembangunan Tanggul Laut untuk Antisipasi Rob di Semarang Terancam Molor, Ini Penyebabnya

Rencananya, Pemerintah Kota Semarang bakal membangun tanggul laut senilai Rp 300 milliar di kawasan Tambaklorok untuk menangani rob.

Ketua RW 013 Tambaklorok, Kota Semarang, Slamet Riyadi mengatakan, sampai saat ini pembangunan tanggul untuk menanggulangi rob itu belum ada kepastian.

"Padahal sosialisasi kemarin awal September 2022 pengerjaan tanggul sudah berjalan. Tapi sampai sekarang belum," jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (4/9/2022).

Dia menjelaskan, rencana pembangunan tanggul tersebut merupakan angin segar bagi warga Tambaklorok. Pasalnya, sudah puluhan tahun warga setempat berjibaku dengan rob.

"Hanya dengan tanggul itu warga Tambaklorok bisa tidur nyenyak dan terbebas dari rob," ujarnya.

Menurutnya, sudah banyak kerugian yang dialami oleh warga Tambaklorok akibat rob yang sering masuk ke permukiman, terutama barang-barang elektronik.

"Barang-barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci dan kendaraan banyak yang rusak," kata dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Adek Rizaldi menjelaskan, sampai saat ini pengerjaan tanggul tersebut masih proses lelang.

"Masih proses lelang," kata Adek.

Ditanya soal waktu lelang, Adek mengaku tak mempunyai kewenangan untuk menentukan kapan akan selesai.

"Proses lelang ada di Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK), mereka yang punya kewenangan menentukan kapan tuntas lelangnya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, tanggul yang dibangun di Kampung Tambaklorok itu diharapkan bisa menjadi solusi masalah rob.

"Insyaallah September ini (2022)," jelasnya.

Pembangunan tanggul tersebut akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 300 milliar. Dia berharap dengan adanya tanggul tersebut rob dapat berkurang.

"Untuk panjangnya nanti bisa langsung ke dinas terkait," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/04/191257978/pembangunan-tanggul-laut-untuk-antisipasi-rob-di-semarang-terancam-molor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke