Salin Artikel

10 Korban Tanah Longsor di Tepian Sungai Musi Berhasil Dievakuasi

PALEMBANG, KOMPAS.com - 10 warga yang menjadi bencana tanah longsor di tepian sungai Musi berhasil dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Selasa (4/10/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Musi Banyuasin Pathi Riduan mengatakan, korban terdiri dari ibu, anak-anak, dan orang lanjut usia. Mereka merupakan warga Desa LK III, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Sekayu.

Berdasarkan data yang dihimpun tim pusat pengendalian operasi BPBD di lapangan diketahui para korban terdiri dari tiga keluarga yakni keluarga Nurmah (87), keluarga Iwan (54) dan keluarga Zuriah (62).

“Total ada 10 jiwa korban, mereka berhasil diselamatkan saat ini dievakuasi ke tenda penampungan dan beberapa di rumah kerabatnya,” kata Pathi dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, para korban berhasil dievakuasi tim pusat pengendalian operasi BPBD dari tanah longsoran pemukiman penduduk yang berada di tepian Sungai Musi, Selasa (4/10/2022) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Para korban nyaris terbawa material runtuhan tiga unit rumah semi permanen milik mereka yang mengalami longsor.

Bencana longsor itu disebabkan oleh hujan deras yang mengguyuri daerah Sekayu selama dua jam atau setidaknya mulai sekitar pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB.

“Saat ini puluhan orang petugas Pusdalops BPBD, TNI/Polri masih disiagakan di lokasi kejadian untuk mengantisipasi bencana susulan,” kata dia.

Pihaknya juga sudah menyalurkan sejumlah bantuan berupa pangan dan sandang dengan komposisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga setempat.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/04/151547778/10-korban-tanah-longsor-di-tepian-sungai-musi-berhasil-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke