Salin Artikel

Rusak TPS dan Bakar Surat Suara Saat Pilkades, 12 Warga di Manggarai Barat Ditangkap

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - 12 warga Desa Wae Jare, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), ditangkap polisi karena membakar surat suara pada saat pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), pada Kamis (29/9/2022).

Kasi Humas Polres Manggarai Barat, Iptu Eka Dharma Yudha mengatakan, 12 orang terduga pelaku tersebut ditangkap personel gabungan Polres Manggarai Barat dan Brimob Kompi 4 Labuan Bajo, pada Jumat (30/9/2022).

12 orang terduga pelaku, lanjut dia, merusak Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan membakar surat suara di TPS 01 Lalang, Desa Wae Jare.

“Teduga pelaku yang diamankan merupakan masa pendukung salah satu calon kepala desa,” ungkap Iptu Eka saat dikonfirmasi, Selasa (4/10/2022) pagi.

Ia mengatakan, para terduga pelaku melakukan perusakan karena tidak terima dengan calon kades yang didukungnya kalah.

Padahal, saat itu, personel yang melaksanakan pengamanan di TPS tersebut sudah memberikan imbauan untuk tidak melakukan perusakan maupun pembakaran, namun tidak dindahkan oleh massa.

“Mereka malah melarang personel pengamanan dari Polres Mabar agar tidak menghalangi reaksi massa,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar tidak mudah diprovokasi oleh oknum yang memiliki kepentingan tertentu. Para calon juga harus menjunjung tinggi nilai demokrasi, yaitu siap untuk kalah maupun menang.

“Jangan hanya mau menang saja. Kalah pun para calon harus siap terima. Jangan membuat masyarakat yang menjadi korban,” imbuhnya.

Ia mengatakan, saat ini penyidik Satuan Reskrim Polres Mabar masih melakukan pemeriksaan terhadap para terduga pelaku.

“Masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. Apabila dalam pemeriksaan terdapat cukup bukti, tentu penyidik akan menetapkan para terduga pelaku sebagai tersangka,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/04/080653178/rusak-tps-dan-bakar-surat-suara-saat-pilkades-12-warga-di-manggarai-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke