Salin Artikel

Daftar DPO MIT Poso Habis, Polisi Masih Buru Simpatisan

Hal itu disampaikan Kapolda Sulteng Irjen Polisi Rudi Supahriadi saat menggelar jumpa pers pascatewasnya DPO teroris Askar alias Jaid alias Pak Guru, dalam kontak tembak dengan tim Sogili (Densus 88) di Pegunungan Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, pada Kamis (29/9/2022).

Rudi mengatakan, pihaknya masih memburu simpatisan dari kelompok ini. 

Dia mengatakan, banyak hal yang menjadi pertimbangan, salah satunya adalah masih banyaknya simpatisan DPO di wilayah Sulteng khususnya Kabupaten Poso.

"Mengenai operasi yang pasti kami akan koordinasi dengan Mabes Polri dan mungkin operasi akan dilanjutkan dengan nama yang lain, karena tadi sudah disampaikan masih banyak simpatisan. Jadi, kami akan berupaya menurunkan tensi simpatisan demi keamanan bersama untuk Poso," kata Rudi, di halaman Pos Komando Taktis (Poskotis) Satgas Madago Raya, Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir pada Jumat (30/9/2022).

Permasalahan radikalisme khususnya di Poso, bukanlah semata tanggung jawab TNI-Polri tapi menjadi tanggung jawab masyarakat serta semua unsur termasuk Pemerintah Daerah setempat.

Setelah tewasnya Askar, polisi menyatakan bakal terus menggencarkan sosialisasi pendekatan terhadap para simpatisan yang masih tersisa dengan harapan Poso ke  depan semakin kondusif.

Polisi menghadirkan barang bukti milik Askar dalam jumpa pers ini seperti satu pucuk senjata api jenis pistol, tiga buah bom rakitan yang sudah diurai, parang serta beberapa amunisi dari berbagai kaliber.

Selain senpi dan bom, polisi juga memperlihatkan barang-barang milik Askar yang disita dari lokasi kejadian seperti peralatan memasak, lampu penerang, buah-buahan, serta bumbu masakan yang selama ini selalu dibawa selama pelarian.

Rudi dalam kesempatan itu didampingi oleh Kasatgas Kombes Pol Arif Budiman serta petinggi Madago Raya dari unsur TNI.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/30/180327078/daftar-dpo-mit-poso-habis-polisi-masih-buru-simpatisan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke