Salin Artikel

Bekas Mobil Pribadi Jokowi yang Dilelang Mulai Rp 300 Juta Dahulu Dipakai Mengantar Tamu Makan di Galabo

Ketua Perhimpunan Hiburan dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo Abdullah Soewarno menyampaikan, pameran mobil kuno dilakukan untuk memeriahkan pembukaan SGS.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan lelang bekas mobil pribadi Presiden Jokowi. Mobil tersebut dilelang dengan harga mulai dari Rp 300 juta.

Dipakai membawa tamu

Menurut Abdullah, mobil jenis Isuzu Panther ini dahulunya dipakai Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo untuk membawa tamu-tamunya makan ke pusat kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo).

"Dulu Bapak Jokowi pada saat pertama jadi wali kota ke sana kemari pakai mobil pribadinya Panther. Saya sering ketemu beliau pada saat di Galabo dan ini kebiasaan bagus dari wali kota dulu Pak Jokowi setiap malam kadang-kadang makan siang itu main ke Galabo membawa tamu-tamu yang datang ke Solo," terang Abdullah.

Menurut dia cara yang dilakukan Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo sangat bagus untuk meramaikan Galabo.

Oleh karena itu, kebiasaan baik ini diharapkan bisa ditiru oleh pemimpin berikutnya.

"Lha ini belum ditiru sama beliau-beliau yang duduk sekarang ini. Sebenarnya itu suatu hal yang bagus untuk meramaikan Galabo," kata Abdullah.


Abdullah juga menyampaikan biasanya SGS digelar sebulan penuh pada Februari.

Tapi, dua tahun pascapandemi dilaksanakan pada Oktober dengan tujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi Solo.

"Bulan Februari ini biasanya tingkat kunjungan-kunjungan ke Solo sepi. Dari anggaran pemerintah yang nama mice bulan Februari juga masih sepi. Biasanya mulai Maret baru cair," kata dia.

"Setelah pandemi kita lakukan Oktober dan ini juga dilakukan di Oktober itu sebetulnya pemikiran Bapam Wali Kota dan kita juga berpikir ada kemungkinan bulan Oktober agak sepi juga. Karena Novembernya ramai sekali," sambung dia.

Dia menilai pada November mendatang banyak agenda berskala nasional yang diselenggarakan di Solo yakni Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 dan haul atau peringatan wafatnya Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi.

Sehingga pertumbuhan ekonomi di Solo selama November tersebut diperkirakan mengalami peningkatan.

"Dari pengalaman yang sudah-sudah dari kondisi normal dengan diadakannya SGS okupansi bisa bertambah antara 15-20 persen. Ini yang ada data PHRI. Mudah-mudahan nanti bisa diposisi 70 persen ke atas," ungkap dia.

Lelang mobil bekas presiden

Sebelumnya diberitakan, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Soloraya melelang bekas mobil pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai dari harga Rp 300 juta.

Ketua PPMKI Soloraya Amin Suryono (63) mengatakan, periode lelang mobil Isuzu Panther Bonet warna green metalik pembuatan tahun 1995 dimulai hari ini hingga 30 Oktober 2022 mendatang.

Rencananya, uang hasil lelang mobil tersebut akan didonasikan untuk kegiatan sosial yakni pembangunan tempat ibadah di wilayah Wonogiri.

"Ini mobil pribadi eks Bapak Jokowi. Nanti rencananya hasil lelangnya ini mau kita buat untuk membangun tempat ibadah," kata Amin dalam pembukaan Solo Great Sale (SGS) 2022 di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

Amin mengatakan jika bekas mobil pribadi Jokowi yang dilelang belum laku, maka akan kembali dilelang dalam ajang pameran mobil kuno di Stadion Manahan Solo pada Sabtu-Minggu (8-9/10/2022).

"Jadi nanti bisa kita lelang juga di sana mobil ini dan mudah-mudahan bisa laku," ungkap Amin.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/25/170104178/bekas-mobil-pribadi-jokowi-yang-dilelang-mulai-rp-300-juta-dahulu-dipakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke