Salin Artikel

Niat Wisata jadi Bencana, Gara-gara Kantuk, Elf Terseret 2 Km, 5 Orang Tewas

Mobil yang mereka tumpangi terlibat kecelakaan di Ruas Jalan Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 436+400 arah Semarang hingga terseret kurang lebih dua kilometer.

Mobil jenis minibus Elf N 7023 ZJ yang ditumpangi rombongan tersebut menabrak truk Fuso Tronton BK 8407 SE. Bagian depan Elf mengalami rusak parah, hingga lima orang meninggal dunia.

"Rombongan dari Pasuruan mau wisata ke Semarang mengalami kecelakaan Sabtu (24/9/2022) pada pukul 04.00 WIB," jelas Kasat Lantas Polres Semarang AKP Dwi Himawan.

Santoso (67) warga Kecamatan Bugulkidul Kabupaten Pasuruan, Evi Kristina (47) warga Bugul Lor Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Pasuruan, dan Tutik Wahyuni.

Satu korban lain adalah sopir Elf Iqbal Lazuardi (27) warga Warungdowo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. "Empat korban meninggal di lokasi kejadian dan satu korban saat dalam perawatan di rumah sakit," jelasnya.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA mengatakan dari keterangan saksi yang selamat, pengemudi Elf mengantuk saat sampai di lokasi kejadian.

"Kendaraan Elf nahas yang dikemudikan M Iqbal warga Pasuruan tersebut menabrak truk Fyso yang mengangkut kayu yang berada pada jalur lambat. Jadi ada microsleep atau kantuk sesaat yang dialami pengemudi Elf sehingga hilang kendali," jelasnya.

Yovan mengatakan korban selamat menjalani perawatan di RSUD dr. Gondo Suwarno Ungaran. "Ada tujuh korban selamat yang dirawat intensif disini, kami akan berkoordinasi dengan pihak RSUD untuk perkembangan kondisi korban selamat ini. Kami berikan motivasi moral kepada korban selamat agar bisa segera pulih dan mengurangi trauma atas kejadian yang dialaminya," kata Yovan.

Secara khusus Yovan mengimbau pengguna jalan terutama jalur tol agar memperhatikan keselamatan, serta kondisi fisik saat melakukan perjalanan.

"Besar harapan kami kepada seluruh pengguna jalan, terutama pengguna jalur tol untuk tetap menjaga keselamatan serta kondisi fisik tubuh. Silakan manfaatkan rest area untuk istirahat maupun melakukan pengecekan terhadap kendaraan, mengingat jalur bebas hambatan sehingga penemudi dituntut untuk tidak lengah dalam berkendara," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/24/143135878/niat-wisata-jadi-bencana-gara-gara-kantuk-elf-terseret-2-km-5-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke