Salin Artikel

Pengunjung Karaoke di Pulau Sebatik Diminta Nyanyikan Indonesia Raya, Polisi: untuk Pastikan WNI

NUNUKAN, KOMPAS.com – Kepolisian Sektor Sebatik Timur, Nunukan, Kalimantan Utara, menggelar razia Tempat Hiburan Malam (THM) berupa karaoke di Pulau Sebatik, Sabtu (17/9/2022) malam.

Sejumlah tempat karaoke yang diperiksa antara lain, Ambalat Karaoke, B’Liah Vizta, dan Mahkota Karaoke.

Kapolsek Sebatik Timur, Iptu Randya Shaktika mengatakan, razia tersebut bertujuan untuk menjaga Pulau Sebatik dari peredaran minuman keras, narkoba, serta senjata tajam.

"Tidak ditemukan pengunjung yang membawa minuman keras, narkoba, dan senjata tajam. Namun ditemukan ada beberapa pengunjung yang tidak membawa kartu identitas," ujar Randya, Minggu (18/9/2022).

Petugas pun mengumpulkan sejumlah pengunjung yang tidak membawa identitas dan meminta mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya, satu persatu.

Hal tersebut untuk memastikan orang tersebut berasal dari Indonesia. Karena Pulau Sebatik berbatasan dengan Malaysia, jadi dikhawatirkan ada warga Malaysia di THM tersebut. 

"Semua bisa menyanyikan Indonesia Raya dengan baik. Logatnya juga Indonesia. Jadi kami memastikan mereka adalah WNI," kata Randya.

Pulau Sebatik yang memiliki perbatasan darat dan laut dengan Malaysia, memang seringkali menjadi tujuan para WN Malaysia secara ilegal.

Mereka masuk Indonesia dengan alasan berkunjung ke tempat saudara atau menghadiri acara pernikahan, takziah, dan merayakan hari ulang tahun, bahkan kenduri.

Banyaknya penindakan petugas Imigrasi Nunukan, cukup membuktikan dan menjadi peringatan terhadap potensi pemasukan ilegal WN Malaysia ke Indonesia.

Randya juga mengimbau agar pengunjung menikmati hiburan sewajarnya, tanpa ada miras, narkoba, atau kepemilikan senjata tajam.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/18/112614178/pengunjung-karaoke-di-pulau-sebatik-diminta-nyanyikan-indonesia-raya-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke