Salin Artikel

Mobil Xenia Terbakar di Kebumen, Diduga akibat Arus Pendek Kabel yang Digigit Tikus

KEBUMEN, KOMPAS.com - Satu unit mobil Daihatsu Xenia milik Lina (37), warga Desa Gesikan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, ludes terbakar, Sabtu (17/9/2022). Diduga, kebakaran itu disebabkan oleh korsleting listrik akibat kabel digigit tikus.

Kasubsi Penmas Polres Kebunen, Aiptu S Catur Nugraha menjelaskan, kejadian itu bermula saat orangtua Lina, Paryono (60), hendak memanasi mesin mobil sekitar pukul 7.30 WIB.

"Saat sedang memanaskan mesin mobil, sebelum terjadi kebakaran sempat tercium bau gosong dari arah mobil," kata Catur kepada wartawan, Sabtu malam.

Saat mencium bau gosong, Paryono sempat membuka kap mesin mobil untuk menelusuri sumber bau tersebut. Namun, dari area mesin tidak ditemukan kejanggalan.

Tak berselang lama, Paryono mengecek kolong mobil dan melihat api menyala di sekitar tangki BBM.

"Paryono sempat mencoba memdamkan dengan peralatan seadanya, namun api justru membesar," ujar Catur.

Melihat api yang semakin membesar, warga sekitar menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar). Api akhirnya bisa dipadamkan kurang lebih satu jam kemudian.

Menurut Catur, saat kejadian mobil terparkir di garasi yang letaknya jauh dari rumah induk, sehingga api tidak merembet.

Atas kejadian itu, korban diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp 65 juta setelah mobil dan garasi ludes terbakar.

"Tidak ada korban jiwa. Hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan Polsek Kebumen, kuat dugaan karena hubungan arus pendek kabel di dekat tangki mobil karena digigit tikus," jelas Catur.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/17/204836178/mobil-xenia-terbakar-di-kebumen-diduga-akibat-arus-pendek-kabel-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke