Salin Artikel

KPK Periksa 8 Saksi Kasus Suap Rektor Unila, dari Dekan hingga Dosen

Sebanyak lima orang dari delapan saksi yang diperiksa merupakan dekan di Unila . Sedangkan tiga orang lain adalah pihak rektorat dan dosen.

Juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan pemeriksaan delapan saksi tersebut digelar hari ini, Kamis (15/9/2022) di Polda Lampung.

"Hari ini pemeriksaan saksi terkait penerimaan calon mahasiswa baru pada Universitas Lampung tahun 2022 untuk tersangka KRM (Karomani)," kata Ali Fikri melalui pesan WhatsApp, Kamis siang.

Ali Fikri juga membenarkan lima orang saksi yang diperiksa berstatus sebagai dekan fakultas, yakni Dyah Wulan Sumekar (Dekan Fakultas Kedokteran), M Fakih (Dekan Fakultas Hukum), dan Patuan Raja (eks Dekan FKIP).

Lalu Dekan Fakultas Teknik Helmy Fitriawan dan Dekan Fakultas Pertanian Irwan Sukri Banuwa.

Sedangkan tiga orang saksi lainnya adalah Tri Widioko (Staf Wakil Rektor I), Budi Utomo (Kepala Biro Perencanaan dan Humas) serta Mualimin (dosen).

Sementara itu, terkait penggeledahan pada Rabu (14/9/2022), Ali Fikri mengatakan dilakukan di empat fakultas yaitu FMIPA, Fisip, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Pertanian.

"Dari lokasi dimaksud tim penyidik menemukan beberapa dokumen terkait penerimaan mahasiswa baru Unila dan juga bukti elektronik," kata Ali Fikri.

Menurutnya, barang bukti itu akan dianalisis dan segera di sita sebagai barang bukti dalam perkara suap PMB Unila.


Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Rektor nonaktif Universitas Lampung (Unila) Karomani sebagai tersangka kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur mandiri.

Selain Karomani, dua pejabat Kampus Hijau juga ditetapkan sebagai tersangka yaitu Wakil Rektor I nonaktif Heryandi, Ketua Senat M Bisri.

Ketiga pejabat kampus ini dinyatakan terlibat dalam kasus suap yang mendatangkan “cuan” hingga Rp 5 miliar tersebut.

Sedangkan satu tersangka lain adalah Andi Desfiandi, Ketua Yayasan Alfian Husin yang diduga melakukan penyuapan.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/15/134235478/kpk-periksa-8-saksi-kasus-suap-rektor-unila-dari-dekan-hingga-dosen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke