Salin Artikel

Ibu Santri Pondok Gontor yang Tewas Diduga Dianiaya: Saya Menuntut Keadilan Sesungguhnya untuk Anak Saya

Hal itu diutarakan setelah Soimah mendapatkan kunjungan dari Pimpinan Pondok Gontor KH M. Akrim Mariyat.

Dia berharap pelaku yang menyebabkan nyawa putranya melayang segera diproses.

“Bahwa dikarenakan masalah ini sudah memasuki ranah hukum, maka saya tetap akan melanjutkan proses hukum tersebut," kata dia, Sabtu (10/9/2022).

"Saya menuntut keadilan yang sesungguhnya untuk anak saya,” lanjutnya.

Soimah mengatakan, kedatangan pimpinan Pondok Pesantren Gontor pada Jumat (9/9/2022) hanya bertujuan untuk melakukan ziarah dan mengunjungi makam AM.

Mereka pun menerima kunjungan itu karena pihak Pondok Gontor telah menyampaikan rasa dukacita.

“Tujuan mereka mengunjungi saya dan keluarga dapat saya maknai adalah suatu bentuk tindakan yang nyata kepada keluarga kami yaitu untuk menghibur dan mengucapkan belasungkawa agar keluarga kami bersabar dalam menghadapi cobaan yang sedang kami alami,” kata Soimah, Sabtu (10/9/2022).


Menurut Soimah, meski sudah dikunjungi oleh pimpinan Ponpes Gontor, ia masih menginginkan proses hukum atas kematian anaknya yang kini sedang berjalan di Polres Ponorogo, tetap dilanjutkan.

Termasuk soal adanya indikasi yang mencoba menutupi kasus kematian AM.

Soimah pun menekankan agar pihak yang ikut terlibat menghilangkan barang bukti juga ikut ditindaklanjuti oleh penyidik Polres Ponorogo.

“Kepada pihak-pihak yang terlibat yang mencoba menghilangkan bukti-bukti, menutup-nutupi atas peristiwa penganiayaan terhadap anak saya, sehingga anak saya harus menjalani otopsi, ekshumasi dan saya sebagai seorang ibu untuk menyetujui proses otopsi, ekshumasi tersebut benar-benar sangat membuat batin saya terguncang,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH M Akrim Mariyat datang ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni, Palembang untuk berziarah ke makam AM (17) santri yang tewas lantaran diduga menjadi korban kekerasan.

KH M. Akrim Mariyat datang bersama para anggotanya yang lain didampingi oleh Rusdi (47) yang merupakan ayah kandung dari AM, Jumat (9/9/2022).

Setelah itu, ia bersama para anggotanya pun berdoa di atas makam AM dan dilanjutkan takziah di rumah duka.

Menurut M Akrim, mereka datang ke Palembang dalam rangka takziah dan sengaja untuk menemui keluarga AM. Sebab, AM merupakan alumnus di Pondok Gontor.

“Korban adalah alumni kita, murid kita dan wafat di ponpes Gontor,” kata Akrim usai ziarah.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/10/171837078/ibu-santri-pondok-gontor-yang-tewas-diduga-dianiaya-saya-menuntut-keadilan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke