Salin Artikel

Diguyur Hujan Lebat, 6 Desa di Hulu Sungai Tengah Terendam Banjir

Berdasarkan data yang diterima dari Polres HST, kelima desa yang terendam adalah Desa Haruyan, Desa Haruyan Seberang, Desa Mangunang, Desa Mangunang Seberang, Desa Teluk Mesjid dan Desa Lok Buntar.

Ketinggian air di setiap desa bervariasi yakni mulai dari 30 sentimeter hingga 90 sentimeter.

Penata Urusan Humas Polres HST, Aipda M Husaini menyatakan, untuk jumlah rumah yang terendam belum bisa dipastikan. Hal ini karena petugas gabungan masih melakukan pendataan di semua desa yang terendam.

"Untuk berapa jumlah rumah yang terendam banjir nanti di laporkan kemudian. Petugas masih mendata," ujar Husaini saat dikonfirmasi, Jumat (9/9/2022).

Selain banjir, hujan juga menyebabkan tanah longsor yang menutupi jalan penghubung antardesa.

Akibatnya, jalan untuk sementara tak bisa dilalui warga karena masih menunggu material tanah longsor dibersihkan. Beruntung kejadian tanah longsor tidak menimbulkan korban jiwa.

"Tanah longsor terjadi kurang lebih 5 kilometer dari Desa Mangunang Seberang, daerah pegunungan, mengakibatkan akses jalan tertutup tanah dan untuk sementara tidak bisa di lewati oleh warga," ungkapnya. 

Petugas gabungan dari Polsek Haruyan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, mengimbau warga untuk terus waspada karena intensitas hujan belum juga reda.

"Kami melaksanakan patroli sekaligus menghimbau masyarakat di daerah terdampak banjir agar selalu waspada dan tidak panik serta membantu masyarakat dalam menangani banjir," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/09/160428978/diguyur-hujan-lebat-6-desa-di-hulu-sungai-tengah-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke