Salin Artikel

Setelah 5 Hari, Kapal Ini Baru Diketahui Tenggelam, 1 ABK Selamat, 4 Masih Hilang

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Sebuah kapal barang bernama Berkah Jaya 88 tenggelam di Perairan Muara Sungai Barito, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amad mengatakan, kapal Berkah Jaya 88 tenggelam pada, Rabu (18/8/2022) dan baru diketahui 5 hari kemudian setelah mendapat informasi dari Pos TNI AL.

Kapal Berkah Jaya 88 berlayar dari Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan tujuan Banjarmasin, Kalsel.

"Betul, kami terima informasi dari anggota Pos TNI AL Kuala Pembuang bahwa sebuah kapal barang tenggelam," ujar Al Amrad, kepada wartawan, pada Rabu (24/8/2022).

Dari kejadian itu, 4 Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan hilang dan salah seorang lainnya dipastikan selamat setelah 5 hari terombang-ambing dan akhirnya terdampar di wilayah Kalteng.

"Korban selamat atas nama Bambang ditemukan oleh warga pesisir Pantai Sungai Bakau, Kalimantan Tengah. Setelah itu, kami langsung gali informasi guna melaksanakan operasi SAR,” ujar dia.

Al Amrad menambahkan, hingga saat ini, pencarian dari Basarnas Banjarmasin masih menyisir lokasi untuk mencari sisa 4 korban yang hilang.

Pencarian bahkan diperluas hingga memasuki perairan wilayah Kalteng.


Namun, hingga saat ini, pencarian belum membuahkan hasil.

"Besar harapan kami semoga 4 korban yang masih dalam pencarian dapat kami temukan dalam keadaan selamat, mengingat 1 korban yang sudah terombang ambing selama 5 hari masih dapat ditemukan dengan keadaan selamat," pungkas dia.

Berikut identitas 4 ABK Berkah Jaya 88 yang belum ditemukan.

1. Agustiar (46) Nahkoda.

2. Saleh (55).

3.Taufik Leunufna (48).

4. Roy Marten Roni Riwo (42).

https://regional.kompas.com/read/2022/08/24/125102978/setelah-5-hari-kapal-ini-baru-diketahui-tenggelam-1-abk-selamat-4-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke