Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Warga Sumsel Diimbau Waspada Banjir dan Tanah Longsor

PALEMBANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengumumkan adanya potensi cuaca ekstrem di Sumatera Selatan saat musim kemarau, khususnya di daerah perbukitan dan aliran sungai untuk mewaspadai banjir dan tanah longsor.

BMKG Sumatera Selatan mencatat, cuaca ektrem yang terjadi saat musim kemarau berupa hujan deras akibat meningkatnya kadar uap air di atmosfer sehingga potensi terjadinya hujan terus berlangsung.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Ansori mengatakan, mereka telah memberikan peringatan dini ke 17 Kabupaten/kota di Sumatera Selatan terkait kondisi cuaca ekstrem tersebut.

Selain itu, posko ansitipasi bencana yang sebelumnya diperuntukkan dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) juga difungsikan sebagai tempat antisipasi bencana Hidrometeorologi.

“Saat ini kami dalam kondisi siaga karhutla. Namun kita juga menghadapi cuaca ekstrem sehingga harus ikut di antisipasi. 17 Kabupaten Kota sudah diberikan peringatan untuk waspada banjir dan tanah longsor,” kata Ansori, Selasa (23/8/2022).

Ansori menjelaskan, kawasan perbukitan yang diimbau waspada tanah longsor terjadi di kawasan Lahat, Muara Enim, Empat Lawang dan Pagaralam.

Kemudian, daerah rawan banjir yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Pagaralam, Musi Banyuasin (Muba), Ogan Komering Ulu (OKU), Banyuasin, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir dan Palembang.

“Saat ini seluruh personel telah siap dan bersiaga di posko termasuk peralatan yang akan digunakan saat terjadi bencana. Kami juga mengimbau warga untuk tetap waspada.

Sementara itu, prakiraan cauca wilayah Sumsel pada Selasa (23/8/2022) mencatat, potensi hujan ringan pada siang hari terjadi di Kabupaten OKU.

Selanjutnya saat siang menjelang sore, potensi hujan sedang hingga lebat berlangsung di OKI, Musi Rawas, Musi Banyuasin (Muba), Muara Enim, OKU Selatan, OKU, Lahat, Empat Lawang dan PALI.

Sementara pada malam hari, kondisi berawan dan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat berlangsung di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin, PALI, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim dan Prabumulih.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/23/112602678/cuaca-ekstrem-warga-sumsel-diimbau-waspada-banjir-dan-tanah-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke