Salin Artikel

Cerita Marni Dipanggil Khusus oleh Iriana Jokowi Saat Penanaman Kelapa Genjah

BOYOLALI, KOMPAS.com - Kunjungan Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dalam rangka menghadiri penanaman secara simbolis kelapa genjah mendapat sambutan meriah warga Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022).

Warga menyambut kedatangan mantan Wali Kota Solo dengan tepuk tangan.

Ada juga yang memanggil orang nomor satu di Indonesia itu dengan sebutan "Pak Joko" dan melambaikan tangan mereka.

Ada yang menarik dari kunjungan itu. Seorang warga bernama Marni (39) yang berada di areal penanaman kelapa genjah dipanggil oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Mengetahui dirinya dipanggil, Marni spontan berlari menemui Iriana Jokowi.

Rupanya, Marni ini adalah tetangga desa dengan orangtua Presiden Jokowi, Widjiatno Notomihardjo-Sujiatmi.

Marni tinggal satu RT dengan rumah orangtua Presiden Jokowi di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto. Marni sudah kenal dengan orangtua Presiden Jokowi.

"Memang dulu Eyang Sujiatmi asalnya dari Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto. Jadi dari kecil sudah kenal. Apalagi ada Joglo Wirorejan itu dulu tempat kelahiran Eyang Sujiatmi. Ibunda dari Bapak Joko Widodo," kata Marni.

Menurut Marni, setiap Lebaran Presiden Jokowi bersama dengan keluarga selalu datang ke Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto.

"Dulu sering setiap Lebaran itu pasti Ibu Sujiatmi kan ke sini. Rumah saya sama Eyang Sujiatmi jauh sih. Tapi masih satu RT 005," ungkap Marni.

Marni mengaku senang bisa dipanggil secara langsung oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Menurut Marni tidak banyak yang dibicarakan dengan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Marni mengatakan Ibu Negara Iriana hanya berpesan kepada dirinya untuk merawat tanaman kelapa genjah dengan baik.

"Beliau menyampaikan supaya menjaga tanamannya (kelapa genjah). Jadi supaya dirawat betul gitu biar tumbuh subur. Itu saja sih. Tidak banyak yang diomongin," ucap Marni.

Sebagai informasi, kelapa genjah yang ditanam pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) di wilayah Solo Raya sebanyak 200.000 bibit.

Jumlah tersebut tersebar di tiga kabupaten, yakni 46.000 kelapa genjah ditanam di Boyolali, 44.000 di Karanganyar dan 110.000 kelapa genjah di Sukoharjo.

Penanaman kelapa genjah merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang sekaligus bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/11/164517778/cerita-marni-dipanggil-khusus-oleh-iriana-jokowi-saat-penanaman-kelapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke