Salin Artikel

Update Kebocoran Pipa BBM Pertamina di Cilacap, Perbaikan Hampir Rampung

Saat ini perbaikan sedang dilakukan oleh pelaksana proyek pipa Cilacap-Bandung 3 (CB3) oleh Kerja Sama Operasional (KSO) PT Hutama Karya (Persero).

Deputy Construction Manager CB3 KSO HK-Timas, Darmawan mengatakan, telah melakukan perbaikan pipa BBM CB1 yang bocor secara sementara agar BBM tidak merembes lagi.

"Kami sedang melakukan perbaikan pipa BBM secara permanen, dan telah melakukan pembersihan BBM yang merembes ke sungai," kata Darmawan melalui keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Saat ini sedang dalam proses pengurukan tanah di lokasi pipa yang bocor.

Lebih lanjut Darmawan mengatakan, telah mendirikan posko di Mapolsek Jeruklegi untuk menampung keluhan warga terdampak akibat kebocoran pipa.

Darmawan mengatakan, akan memverifikasi dan menindaklanjuti keluhan tersebut dibantu dibantu pihak-pihak terkait.

"Selain itu, tim juga melakukan pemetaan lokasi sumur warga," ujar Darmawan.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga mengatakan, sebagai pihak yang terdampak atas pekerjaan CB 3 yang dilakukan KSO HK-Timas sigap dan cepat melakukan penanggulangan rembesan pipa BBM.

"Penanggilangan rembesan tersebut dibantu oleh PT Kilang Pertamina Internasional, PT Pertamina Trans Kontinental, dan KSO HK-Timas," kata Brasto.

Diberitakan sebelumnya, pipa BBM Pertamina di Dusun Lengkong, Kelurahan Jeruklegi Kulon, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bocor, Rabu (3/8/2022) pagi.

Akibatnya aliran air Sungai Jambu di sekitar wilayah tersebut berubah jadi hitam. Selain itu, air juga berbau BBM.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/09/133821378/update-kebocoran-pipa-bbm-pertamina-di-cilacap-perbaikan-hampir-rampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke