Salin Artikel

Polisi Tangkap 2 Jambret di Pekanbaru, Beraksi Puluhan Kali hingga Tewaskan 1 Korban

PEKANBARU, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru menangkap dua orang pelaku jambret atau pencurian dengan kekerasan (curas).

Kedua penjahat jalanan itu adalah HEW (21) dan EW (20). Kedua pengangguran ini sudah beraksi puluhan kali. Dalam aksinya, pelaku pernah menewaskan satu orang korbannya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan mengatakan, kedua pelaku ditangkap Sabtu (6/8/2022).

Salah satu pelaku, yakni HEW terpaksa ditembak petugas karena berusaha melarikan diri dan melawan petugas. Tembakan petugas mengenai kaki kanan pelaku.

"Tersangka yang pertama kita tangkap adalah EW di Jalan Sariamin, Kecamatan Pekanbaru Kota. Setelah itu, petugas menangkap HEW. Pada saat ditangkap, tersangka HEW melawan petugas dan berusaha kabur, sehingga diberikan tindakan tegas," kata Andrie dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Andrie menjelaskan, kedua pelaku sebelumnya menjambret seorang pria di Jalan Hangtuah, Pekanbaru, Senin (1/8/2022), sekitar pukul 17.50 WIB.

Pelaku saat itu merampas handphone korban yang sedang mengendarai sepeda motor.

Hal itu membuat korban terjatuh ke aspal hingga mengalami luka berat dan meninggal dunia.

"Korban jatuh dari sepeda motor gara-gara dijambret kedua pelaku, sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia," sebut Andrie.

Atas kejadian itu, kata dia, istri korban melapor ke polisi.

Berdasarkan hasil penyelidikan, petugas berhasil menangkap kedua pelaku. Petugas menyita barang bukti 1 unit sepeda motor, 1 unit handphone, dan 1 buah helm.

Andri mengungkapkan bahwa kedua pelaku merupakan spesialis jambret di Pekanbaru.

"Kedua tersangka mengaku sudah 20 kali melakukan aksi jambret di lokasi berbeda di Pekanbaru," ungkap Andrie.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang curas. Ancaman hukuman 9 tahun penjara.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/161423278/polisi-tangkap-2-jambret-di-pekanbaru-beraksi-puluhan-kali-hingga-tewaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke