Salin Artikel

Akan Dihadiri Jokowi, Penutupan ASEAN Para Games 2022 di Solo Usung Konsep Nusantara

Creative Director ASEAN Para Games 2022, Eko Supriyanto atau Eko Pece menjelaskan, konsep tersebut menjadi gambaran perayaan untuk atlet yang telah menyelesaikan pertandingan sejak 31 Juli hingga 5 Agustus 2022.

"Ini lebih pada selebrasi atau perayaan atas kemenangan para atlet yang sudah bertanding. Sifatnya lebih menghibur pemenang dengan penuh semangat. Semua yang sudah bekerja hingga hasil yang diinginkan," kata Eko Pece saat persiapan closing ceremony, Sabtu (6/8/2022).

Maestro tari ini juga menjelaskan, upacara penutupan bakal memperlihatkan sisi seni budaya Indonesia.

Berbeda, saat upacara pembukaan yang lebih menujukan budaya lokal Jawa Solo.

"Memperlihatkan potensi seni budaya dan talenta Indonesia dari sisi seni dan budayanya kemarin lebih ke Solo lokal maskot dengan Rajamala. Untuk closing ceremony ada icon Hanoman putih dari Pura Mangkunegaran dan Sangkar Muncar Iswara," jelasnya.

Total ada 600-an penari atau talent kombinasi dari nondisabilitas dan disabilitas yang akan menghibur para penonton berjumlah 10.000 orang.

"Kita masih kombinasi dengan penari disabilitas seperti opening kemaren tapi porsinya lebih sedikit. Karena waktunya mepet, kita cuma waktu sekitar 1minggu saja setelah opening," jelasnya.


Pemilihan tokoh Hanoman pada acara penutupan, menyimbolkan 'kembali putih' untuk para atlet.

"Hanoman lebih bagaimana kita kembali putih, tidak ada yang menang dan kalah. Kita sebenarnya. Hanoman juga sebagai salah satu penguat bahwa kita wujudkan dengan nyata, Straving for Equality," kata Eko.

Tokoh Hanoman juga dihasilkan dari diskusi dengan tuan rumah ASEAN Para Games 2024, yakni Kamboja.

"Durasi 10.42 menit dari penari Kamboja 50 orang dan kita 25 orang, untuk berkolaborasi saat closing ceremony," ujarnya.

Sementara itu, Lend Koreografer ASEAN Para Games 2022, Eko Supendi, menjelaskan dalam durasi singkat saat upacara penutupan, semua talent akan terlibat.

"Kami mencoba menjahit, tarian api, dolanan anak, tarian nusantara kami merangkainya menjadi sekian sesuai ASEAN Para Games 2022," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/06/164026878/akan-dihadiri-jokowi-penutupan-asean-para-games-2022-di-solo-usung-konsep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke