Salin Artikel

Awas Tertipu COD Palsu, Saat Paket Dibuka Isinya Sampah

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Masyarakat Kota Balikpapan belakangan ini dibuat resah terhadap tindakan penipuan modus Cash On Delivery (COD) palsu.

Pelaku yang menyamar sebagai kurir ini pun meminta ongkos kirim dan paketan barang yang diantarnya.

Salah satu toko pakaian di Jalan Indrakila, Balikpapan Utara nyaris menjadi korban. Saat itu seorang pria datang ke toko dengan membawa paketan barang pada Senin (1/8/2022).

Kemudian pelaku mengaku mengantarkan barang yang dipesan dan meminta penggantian ongkos sebesar Rp 205 ribu.

“Dimintai uang Rp 205 ribu, tapi kami tidak ngasih karena merasa tidak pesan barang,” ujar Amel, karyawan di toko tersebut pada Sabtu (6/8/2022).

Tak hanya itu modus ini juga menyasar tempat lainnya. Bahkan setelah barang diterima, rupanya berisi sampah. Hal ini tentu sangat merugikan korbannya.

“Iya pas dibuka isinya sampah,” kesal Amel.

Dalam rekaman CCTV beberapa toko yang menjadi korban, pelaku ada dua orang. Satu diantaranya berperan sebagai pengantar paket, sementara yang satu lagi menunggu di motor.

“Pas mereka kita tanya paketnya siapa yang pesan dan apa isinya, mereka bingung. Tapi kami nggak bayar, jadi merek buru-buru kabur,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan Kombes V Thirdy Hadmiarso mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap modus penipuan tersebut.

Perlu dipastikan kebenaran paketan barang. Thirdy juga menyarankan masyarakat yang merasa menjadi korban untuk melaporkan kejadian ini ke Polresta Balikpapan.

 “Kami sarankan agar segera melapor jika memang kasus ini marak. Silakan melapor ke Polresta Balikpapan, nanti kami langsung tindaklanjuti. Sebab sampai saat ini belum ada laporan yang masuk,” ungkapnya dihubungi pada Sabtu (6/8/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/08/06/132513678/awas-tertipu-cod-palsu-saat-paket-dibuka-isinya-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke