Salin Artikel

Polisi Periksa 5 Saksi Terkait Tewasnya 2 Pasien dalam Kebakaran Rumah Sakit Jiwa Solo

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ade Safri Simanjuntak, menjelaskan total ada lima saksi yang diperiksa.

"Kita sudah memeriksa lima saksi di antaranya tiga orang petugas jaga yang bertugas saat kebakaran, satu orang petugas kemanan, dan satu orang lagi petugas jaga dari bangsal lain," kata Ade Safri Simanjuntak, ditemui di olah TKP, Jumat (5/8/2022).

Ade menjelaskan saat kejadian ada 18 pasien dari 22 tempat tidur yang disediakan, di Ruang Isolasi Psikiatri, Kamar Puntodewa, RSJD Solo.

Kemudian, Kamar Puntodewa terdapat dua sisi kanan dan kiri masing-masing sisi berjumlah 9 orang.

Akibat dari kebakaran ini, dua pasien tewas berinisial YA (30) pasien titipan dari Dinsos (Dinas Sosial) Karanganyar dan inisial YR (33) pasien dari Blora.

Sementara yang mengalami luka bakar berat dengan inisial AH (44), IB (25). Serta MA (44) yang mengalami luka bakar ringan.

"(Lokasi pasien meninggal dunia) Itu terjadi di sisi sayap sebelah kanan. Malam kejadian kebakaran dari Tiga teralis atau isolasi tersebut yang diisi adalah dua orang meninggal dunia. Sedangkan 7 orang lainnya itu berada di selasar ruangan sebelah kanan," jelasnya.

Selanjutnya, dari hasil penyelidikan terhadap saksi yang melihat api muncul dari plafon Kamar Puntodewa, RSJD Solo.

"Petugas melihat plafon atap sudah jatuh dan terbakar. Kemudian dilakukan saat itu menekan tombol alarm emergency yang berlaku di internal Rumah Sakit. Satu lagi petugas menelepon bukan pemadam tempat ruang emergency pusat komando krisisnya," jelasnya.

"Kemudian dilakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (apar) sepuluh unit, yang ada di bangsal. Kemudian baru menghubungi Pemadam Kebakaran," ujarnya.

Untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran dan kematian pasien RSJD Solo, Ade mengatakan melakukan penyelidikan dan penyidikan secara intensif.

"Kami sudah mendatangi tempat kejadian perkara, saat ini tim labfor bersama kami (Satreskrim Polresta Solo) berada di TKP. Untuk mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi Kita akan melihat apakah ada unsur kelalaian pada petugas jaga. Nanti kita lihat hasilnya, kita sudah memeriksa lima saksi," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/05/171717378/polisi-periksa-5-saksi-terkait-tewasnya-2-pasien-dalam-kebakaran-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke