Salin Artikel

Rahasia Sumur Panguripan di Kelenteng Sam Poo Kong yang Masih Disakralkan

Sumur tersebut merupakan peninggalan Laksamana Cheng Ho dan Kiai Juru Mudi atau Wang Jing Hong. Sumur tersebut berada di dalam sebuah gua yang diberi nama Gua Batu.

Sampai saat ini masih banyak warga yang mengambil air di Sumur Panguripan. Beberapa warga memercayai jika air dari sumur tersebut sakral.

"Ada yang mempercayai jika air dari sumur ini dapat memperlancar rejeki," jelas salah satu penjaga Kelenteng Sam Poo Kong, Sutrisno saat ditemui, Kamis (4/8/2022).

Untuk memudahkan pengunjung yang ingin mengambil air dari sumur tersebut, pihak klenteng membuat saluran air melalui pipa yang dapat dipompa setiap waktu.

"Orang yang mengambil air tersebut bermacam-macam, di antaranya penganut Khonghucu, Tao, Budhha dan juga Umat Muslim," imbuhnya.

Selain untuk memperlancar rezeki, air yang bersumber dari Sumur Panguripan juga dipercaya sebagai obat.

"Jadi memang beda-beda keperluan yang datang ke Sumur Panguripan," ungkapnya.

Awalnya, para pengunjung bisa mengambil air langsung dari Sumur Panguripan di lokasi Gua Batu. Namun karena lokasinya sempit, pihak kelenteng mencari cara lain.

"Dulu di sini juga bisa untuk sembayang dan ambil air," kata Sutrisno sambil memperlihatkan lokasi Sumur Panguripan yang tertutup.

Tempat untuk sembayang dipindah ke tempat yang lain karena lokasinya sempit.Tempat yang baru juga dilengkapi dengan sumur yang airnya bersumber dari sumur lama yang berada di Gua Batu.

"Di tempat yang baru lebih luas dan muat orang banyak," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/04/204338778/rahasia-sumur-panguripan-di-kelenteng-sam-poo-kong-yang-masih-disakralkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke