Salin Artikel

Cerita Latihan Kholidin, Atlet Parapanah Indonesia yang Gunakan Mulut untuk Bertanding, Gigi Sempat Berdarah

Hal ini dibiasakan Kholidin sejak selesai melakukan amputasi tangannya karena infeksi setelah operasi patah tulang karena jatuh dari ketinggian 9 meter pada bulan Ramadhan 2017.

Selama prosesnya ini, Kholidin mengaku cukup berat dirinya memulihkan kondisi fisiknya. Mulai dari tidak bisa duduk hingga berjalan sempoyongan karena tak memiliki tenaga.

Keputusan Kholidin kembali memanah tanpa tangan dibantu oleh anaknya. Awalnya dia mengaku bingung memanah menggunakan apa.

"Saat itu, masih optimis masih bisa memanah dibantu anak saya. Untuk memasang anak panah kebusur, tapi saya bingung ini saya mau memanah pakai apa ? Saya lupa tangan saya sudah tidak ada," kata Kholidin, kepada Kompas.com, Kamis (4/7/2022).

Saat itu, Kholidin mengaku memasrahkan semuanya kepada Allah SWT untuk memberikan jalan terbaik bagi dirinya agar bisa memanah kembali.

"Akhirnya Allah kasih jalan, bisa memanah lagi. Saya ikat stranger pakai tali sepatu terus saya coba pasang anak panahnya (pakai mulut), selama tiga minggu itu prosesnya," jelasnya.

Tak tanggung-tanggung selama pembiasan itu, Kholidin mengaku memiliki beberapa kendala. Salah satunya mulut terluka karena terlalu sering mendapatkan tekanan saat memanah.

"Dari situ saya mulai bangkit lagi, karena senangnya bisa nembak lagi. Saya sampai sulit bisa makan, karena gunakan gigi depan sakit minta ampun mungkin baru pertama kali," katanya.

"Saya pindahkan di gigi samping itupun berdarah. Saya coba lagi pakai gigi geraham sudah agak nyaman. Akhirnya balik lagi latihan serius," lanjutnya.

Selama proses itupun, Kholidin masih tetap berjualan bubur ayam dengan kondisi disabilitas tanpa tangan. Ia mengaku juga memerlukan adaptasi cukup berat. Sebab selama ini bisa gesit melayani pelanggan.

"Ndak bisa melayani pelanggan tapi saya biasakan. Adaptasi susah banget, kidal juga.  Latihan terus akhirnya sudah terbiasa ini masih buka. Karena training center saya serahkan ke keluarga saya dulu," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/04/201319378/cerita-latihan-kholidin-atlet-parapanah-indonesia-yang-gunakan-mulut-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke