Salin Artikel

Gibran Sebut Atlet ASEAN Para Games 2022 yang Terpapar Covid-19 Tinggal 4 Orang

SOLO, KOMPAS.com - Belasan atlet ASEAN Para Games (APG) XI Tahun 2022 yang menjalani karantina karena terkonfirmasi Covid-19 sudah dinyatakan sembuh.

Ketua INASPOC sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, atlet yang masih menjalani karantina tinggal empat orang.

"Total tinggal empat orang (masih karantina)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (3/8/2022).

Kesembuhan yang sangat cepat para atlet dari virus corona ini disebabkan karena tidak disertai gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Putra sulung Presiden Jokowi menambahkan, atlet yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 diperbolehkan mengikuti pertandingan.

"Sembuhnya cepat. Pokoknya yang sudah negatif boleh bertanding," kata dia.

Dikatakan dia kasus positif Covid-19 atlet APG bermula terjadi di Semarang. Diketahui ada sekitar 10 atlet yang terpapar virus corona.

Kemudian pada Senin (1/8/2022) pukul 20.00 WIB terdapat peningkatan menjadi 17 kasus aktif.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan dari 17 atlet yang terpapar berasal dari berbagai negara dan cabang olahraga (cabor).

"Selamat perhelatan ini ada atlet dan official. Yang tadi 17 itu, 14 ada di Solo dan 3 ada di Semarang. Kenapa banyak di Solo ? Karena venue-nya banyak," kata Siti Wahyuningsih saat ditemui di Solo, Selasa (2/8/2022).

Sedangkan untuk kondisi fisik yang terpapar, menurut Ning sapaan akrabnya, dalam kondisi baik tanpa gejala.

"Kita pantau sehat semua. Kita karantina 5 hari. Sejak beberapa hari yang lalu, kemarin ada penambahan 1 artinya kalau sudah positif untuk kepentingan bersama kita putus interaksinya dengan orang lain," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/03/163628078/gibran-sebut-atlet-asean-para-games-2022-yang-terpapar-covid-19-tinggal-4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke