Salin Artikel

Kirab Malam Satu Suro Keraton Solo, Polisi Siagakan Ratusan Personel

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ade Safri Simanjuntak, mengatakan Polresta Solo berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Keraton Kasunanan Solo untuk pelaksanaan kirab.

Hal ini mengingat, beberapa waktu lalu Kebo Bule terindentifikasi terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Beberapa waktu lalu ada lima kebo bule yang terpapar PMK. Jadi keterlibatan kebo bule masih dipantau untuk perkembangan penyembuhannya. Tapi tetap kami persiapan pengamanannya," kata Ade Safri Simanjuntak, Rabu (27/7/2022).

Lanjut Kapolresta Solo, pengaman akan dilaksanakan sesuai rute kirab yang sedang didiskusikan pihak Keraton.

"Pengamanan kirab kebo bule ini, sebanyak 375 personel. Kita bagi khusus sesi malam untuk pengamanan rute maupun pengamatan kegiatan kirab," katanya.

"Memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dan penutupan beberapa arus jalan di rute yang dilalui kirab kebo bule," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, terkait dengan rute, pihak keraton akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Sehingga baru akan ada kepastian rute mendekati penyelenggaraan kirab.

"Mengenai rute, mungkin kami pada last minute akan berkoordinasi dengan Pemkot Solo, apakah menggunakan rute panjang atau kembali ke rute sebelum tahun 1974," jelas Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunana Solo, KP Dani Nur Adiningrat, Rabu (27/7/2022)

Sebelum 1974, rute Kirab Malam Satu Suro Keraton Kasunanan hanya berkeliling kawasan Baluwarti. Setelah peristiwa Malari, rute kemudian berubah karena permintaan Presiden Soeharto.

"Presiden Soeharto meminta pada Sinuwun PB XII agar dampak doa meluas, kirab di kelilingkan ke luar tembok keraton," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/28/075723678/kirab-malam-satu-suro-keraton-solo-polisi-siagakan-ratusan-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke