Salin Artikel

Daftar Wilayah dengan Suhu Terdingin di Indonesia Tahun 2022, Pulau Jawa hingga NTT

KOMPAS.com - Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Miming Saefudin menjelaskan terjadinya fenomena suhu dingin di beberapa wilayah di Pulau Jawa dan daerah lainnya.

Fenomena tersebut peristiwa alamiah yang terjadi ketika memasuki puncak musim kemarau.

Indonesia sudah memasuki puncak musim kemarau pada Juli hingga September 2022 mendatang.

“Saat ini wilayah Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) menuju periode puncak musim kemarau,” kata Miming dikutip dari Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Dampak dari suhu dingin ini, sejumlah wilayah Indonesia mengalami suhu terdingin sepanjang Juli 2022.

Berikut ini daftar wilayah suhu terdingin di Indonesia, dampak puncak musim kemarau tahun 2022.

Cuaca ekstrem terdingin menyelimuti kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Beberapa waktu lalu, fenomena embus es muncul selama dua hari berturut-turut hingga suhu dingin di Dieng mencapai minus satu derajat celcius.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Sri Utami mengatakan, kemunculan embun es ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya fenomena serupa terjadi, Senin (25/7/2022) pagi.

"Dua hari berturut-turut, kemarin dan hari ini muncul embun es," kata dia saat dihubungi, Selasa.

Dia menjelaskan, embun es kemarin paling tebal terlihat di kompleks Candi Setyaki, Dieng. Sedangkan hari ini terlihat tebal di lapangan kompleks Candi Arjuna.

"Pagi ini suhu terpantau minus 1 derajat celsius, kalau kemarin kami tidak memantau suhunya berapa," ujar dia.

2. Kawasan TN Bromo Tengger Semeru

Fenomena embun es (frost) terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akibat penurunan suhu udara yang cukup ekstrem.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Hubungan Masyarakat Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat mengatakan, penurunan suhu udara itu mencapai 2-6 derajat celsius.

Fenomena embun es itu bisa dijumpai di kawasan TNBTS yang berada pada ketinggian 500 mdpl ke atas.

"Embun es ini terjadi saat pagi hari, sebelum matahari terbit di sekitar Bromo dan Ranu Pani," ungkap Syarif melalui pesan singkat, Senin (25/7/2022).

Suhu dingin melanda sebagian besar wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Terendah, suhu mencapai 10 derajat celsius.

"Suhu paling dingin di wilayah Kabupaten Manggarai, yakni 10 derajat celsius," ujar Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nanik Tresnawati, kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Suhu terdingin itu, lanjut Nanik, terjadi pada Minggu (24/7/2022).

"Itu catatan kita dalam dua pekan terakhir. Yang paling terendah itu kemarin," ujar dia.

Nanik menyebut, untuk suhu paling rendah selama dua minggu terakhir berkisar antara 17-20 derajat celsius, merata di hampir seluruh wilayah NTT.

Suhu tersebut bisa lebih dingin lagi, mengingat puncak musim dingin akan terjadi di Bulan Agustus 2022 mendatang.

Selain Ruteng, suhu dingin lainnya terasa di daerah lain, seperti di Bajawa, Kabupaten Ngada, dengan suhu terendah 14 derajat celsius dan Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan suhu 16 derajat celsius.

4. Kota Semarang, Jawa Tengah

Belakangan, suhu di Kota Semarang, Jawa Tengah terasa lebih dingin dibandingkan dengan biasanya. Suhu rata-rata bisa mencapai 21 derajat celsius.

Koordinator Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Giyarto membenarkan perubahan suhu di Kota Semarang.

"Betul semakin tinggi wilayah akan semakin dingin," dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Suhu di wilayah Kota Semarang berkisar 21 hingga 22 derajat celcius. Fenomena tersebut bakal berlangsung hingga bulan Agustus 2022.

"Berpotensi hingga dasarian kedua bulan Agustus," kata dia.

5. Bandung, Jawa Barat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Jawa Barat, mencatat suhu di wilayah Bandung sedang dalam kondisi terdingin.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Muda Data dan Informasi BMKG, Yan Firdaus Permadi mengatakan, pihaknya mencatat dalam beberapa hari wilayah Bandung mengalami suhu lebih dingin dari biasanya.

"Kita mencatat dalam enam hari Kota Bandung ini suhunya sampai 16 derajat dan di Lembang sampai 14 derajat," kata Yan dalam kegiatan Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (20/7/2022).

Yan menjelaskan, suhu udara di wilayah Bandung untuk tahun ini lebih dingin disebabkan kemarau basah yang tengah berlangsung.

Suhu dingin di wilayah Bandung masih akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan dengan perkiraan di bawah 17 derajat celsius.

"Rata-rata di Kota Bandung bulan Juli ini rata-rata suhunya 17,6 derajat celsius. Bisa lebih rendah di bulan Agustus," tuturnya.

Kemarau basah, lanjut Yan, juga diprediksi oleh BMKG Kota Bandung akan berlangsung hingga akhir tahun 2022.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain/Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana/Mela Arnani/Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere/Kontributor Semarang, Muchamad Dafi Yusuf | Editor Dita Angga Rusiana/David Oliver Purba/Bestari Kumala Dewi/Andi Hartik/Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/27/062500378/daftar-wilayah-dengan-suhu-terdingin-di-indonesia-tahun-2022-pulau-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke