Salin Artikel

Sejumlah Ruko Bertingkat di Bima NTB Terbakar Hebat, Angin Kencang Hambat Pemadaman

BIMA, KOMPAS.com- Kebakaran hebat melanda sejumlah rumah toko (ruko) di jalan lintas Tente, Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (24/7/2022) sore.

Tiupan angin yang kencang membuat api  membesar dan meluluhlantakkan seluruh bangunan beserta isinya.

Kebakaran ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 15.20 Wita. Sedikitnya 6 bangunan ruko yang berjejer disekitar pusat pertokoan yang tak jauh dari kompleks pasar setempat dilaporkan ludes dilahap si jago merah.

Camat Woha, Irfan yang dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut.

"Iya benar, titik kebakaran terjadi di pusat pertokoan jalan lintas Tente. Dari laporan sementara yang diperoleh, ada 6 unit ruko yang terbakar," kata Irfan

Ia mengatakan, sejak api dilaporkan membakar sejumlah ruko penjual bahan bangunan, sembako dan barang elektronik itu, hingga pukul 18.46 Wita puluhan petugas damkar yang dibantu warga masih berupaya memadamkan api.

Irfan mengungkapkan, upaya pemadaman terkendala oleh tiupan angin yang cukup kencang dari arah selatan.

"Petugas susah padamkan api, angin kencang sekali," ujarnya.

Menurut dia, kondisi itu juga dipicu banyak barang dagangan yang mudah terbakar. Kobaran api pun semakin meluas dan tampak mengeluarkan asap hitam tebal dari lokasi kejadian.

Akibat tiupan angin yang kencang, api dengan cepat membesar dan merembet kebangunan lain yang saling berdempetan. Sebagian besar barang-barang milik warga juga dilaporkan ludes terbakar.

Hingga kini sudah tiga unit mobil pemadam kebakaran dan sebuah mobil water cannon milik Polres Bima yang dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

"Kami juga telah meminta bantuan mobil pemadaman dari Pemkot Bima untuk bantu memadamkan kobaran api," tutur Irfan

Sementara itu, kebakaran Ruko berlantai dua ini terjadi diduga adanya arus pendek listrik disalah satu toko. Selanjutnya api membesar dan merembet ke ruko-ruko yang lainnya.

"Dugaan sementara karena adanya konsleting arus listrik," ucapnya

Hingga saat ini belum dilaporkan kemungkinan adanya korban maupun kerugian materi dari kejadian itu.

"Kita masih fokus pada pemadaman dulu, kobaran api masih berlangsung hingga saat ini," pungkasnya

Saat ini, tim BPBD bersama, polisi dan TNI serta berbagai unsur terkait lainnya terus berupaya memadamkan kobaran api agar tidak meluas ke bagian lain yang belum terbakar.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/200758078/sejumlah-ruko-bertingkat-di-bima-ntb-terbakar-hebat-angin-kencang-hambat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke