Salin Artikel

Wasekjen PBNU Apresiasi Kunjungan Jokowi ke China Pasca-lawatan ke Rusia dan Ukraina

"PBNU sangat mengapresiasi kunjungan yang akan dilakukan Presiden Jokowi ke China. Ini adalah langkah yang tepat, terlebih lagi setelah lawatan Presiden ke Ukraina dan Rusia," kata Rahmat kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Minggu (24/7/2022).

Menurut Rahmat, kunjungan Presiden Jokowi ke China menjadi penting sebagai tindak lanjut pasca-lawatan upaya perdamaian konflik Rusia dan Ukraina.

Sebab, ia menilai China merupakan variabel penting dalam upaya perdamaian dunia. Menurutnya, China penting untuk dilibatkan dalam menjaga stabililtas geopolitik dunia.

"Sebab, tidak mungkin menjaga stabilitas geopolitik dunia tanpa melibatkan peran China itu sendiri," kata Rahmat.

Diketahui, Presiden Joko Widodo akan melakukan lawatan ke tiga negara di Asia Timur selama tiga hari, mulai tanggal 26 hingga 28 Juli 2022.

Tiga negara yang akan dikunjungi itu antara lain China, Jepang, dan Korea.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dikutip dari siaran pers di lama resemi Sekretariat Kabinet, Jumat (22/7/2022)menyatakan, Jokowi mengunjungi ke tiga negara itu karena mereka merupakan mitra strategis Indonesia dalam bidang ekonomi.

Ketiga negara itu juga adalah mita strategis Indonsia dan ASEAN dalam pembicaraan tentang masalah kawasan.

Retno mengatakan, fokus kunjungan Jokowi adalah penguatan kerja sama ekonomi, terutama dalam bidang perdagangan dan investasi.

Ia mengatakan, di China Presiden Jokowi akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping dan Premier Le Kiqiang.

"Presiden RI merupakan salah satu pemimpin pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping selama pandemi ini, di luar tentunya acara Olimpiade Musim Dingin di Bejing awal tahun ini," tandas Retno.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/190113578/wasekjen-pbnu-apresiasi-kunjungan-jokowi-ke-china-pasca-lawatan-ke-rusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke