Salin Artikel

Sandiaga Uno: 2 Maskapai Tertarik dengan Penerbangan Langsung Luar Negeri di Solo

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, ada dua maskapai penerbangan berminat ikut andil dalam realisasi penerbangan langsung luar negeri di Bandara Adi Soemarmo, Kota Solo, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat mengikuti torch relay atau pawai obor ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/7/2022).

"Menurut Pak Wali (Gibran Rakabuming Raka) ada beberapa minat. Saya dapat dua dari AirAsia dan Scoot yang lagi menjajaki," kata Sandiaga Uno.

Rencananya, dua maskapai ini akan melayani penerbangan rute Singapura-Solo dan Kuala Lumpur-Solo.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menilai, event-event yang berlangsung di Kota Solo menjadi pemicu terealisasinya rencana ini.

"ASEAN Para Games ini pemicu (penerbangan langsung), jadi kalau begitu ada langsung kita jajaki ke depannya," jelas Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga menyebut, rencana ini muncul buntut dari mulai banyaknya event nasional maupun internasional di Solo. Hal ini disampaikan Sandiaga saat berkunjung ke Solo pada Sabtu (2/7/2022).

Menurutnya, penerbangan langsung luar negeri ini sebagai bentuk pengembangan penerbangan langsung dari Bali-Manila yang sukses dilaksanakan dan diterapkan untuk menaikan wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, kedatangan ribuan atlet ke Kota Solo direncanakan pada 26 Juli 2022.

"(Penerbangan luar negeri - Solo) Tadi sudah didorong dengan Pak Menteri (Sandiaga Uno), kita tunggu saja," kata Gibran Rakabuming, Minggu (24/7/2022).

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku sangat diuntungkan dengan terselenggaranya event internasional seperti ASEAN Para Games 2022.

"Hampir semua kontingen langsung ke Solo. Ini trigger bagus ASEAN Para Games. (penerbangan tiba di Solo langsung) kecuali Brunei dan Laos," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/111148478/sandiaga-uno-2-maskapai-tertarik-dengan-penerbangan-langsung-luar-negeri-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke