Salin Artikel

Sejumlah Atap Ruang SD di Rembang Ambrol karena Dimakan Rayap

Ambruknya sejumlah atap di SDN tersebut karena kayu penyangganya lapuk dimakan rayap.

Setidaknya, ada 4 ruangan yang atapnya ambruk yaitu ruang guru, ruang kepala sekolah, UKS dan ruang komputer. Sehingga pihak sekolah terpaksa mengosongkan ruang tersebut.

Ternyata sudah lebih dari setahun kepala sekolah dan para guru berkantor di ruang perpustakaan, yang sebenarnya kondisi bangunan ruangan tersebut juga cukup memprihatinkan.

Sekilas, konstruksi bangunan ruang perpustakaan miring dan terpaksa pada bagian teras diberi dua pohon jati sebagai penyangga.

Kepala SDN 2 Pulo, Selamet mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kondisi rusaknya atap bangunan tersebut kepada dinas setempat.

Setelah dua kali dilakukan pengukuran di sekolahnya, namun hingga pertengahan 2022 pembangunan juga tak kunjung dilakukan.

“Untuk pengukuran sudah 2 kali dilakukan, kemudian setelah saya konfirmasi kembali ke dinas terkait itu ditangani oleh Kementerian PUPR. Alasannya kerusakannya terlalu berat, mungkin anggarannya terlalu besar,” ujar dia saat ditemui wartawan, Kamis (21/7/2022).

Berdasarkan informasi yang diterima dari dinas terkait, kerusakan bangunan SDN tersebut masuk dalam kategori rusak berat dan membutuhkan anggaran yang cukup besar, sehingga perbaikan sekolah tersebut diusulkan ke pemerintah pusat.

Meski demikian, pihaknya menerima dan tetap melaksanakan pembelajaran di tengah kondisi yang terbatas serta membahayakan keselamatan siswa dan guru pengajar.

Terlebih saat turun hujan, dikhawatirkan adanya atap yang roboh lagi.

“Semuanya merasa waswas, jelas itu. Karena merasa khawatir kalau sewaktu-waktu terutama pada saat hujan di kantor gentingnya jatuh atau temboknya tambah retak, jadi khawatir,” terang dia.

Pihaknya berharap segera ada bantuan dari pemerintah pusat. Terlebih, saat ini pembelajaran tatap muka 100 persen sudah diterapkan.

“Semoga cepat ada bantuan dari pemerintah pusat, agar kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman,” ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/21/174629578/sejumlah-atap-ruang-sd-di-rembang-ambrol-karena-dimakan-rayap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke