Salin Artikel

Penumpang Mengeluh Harga Tiket Pesawat Sorong-Jakarta Naik hingga Rp 4 Juta

SORONG,KOMPAS.com - Sejumlah penumpang pesawat di Sorong, Papua Barat, mengeluh karena harga tiket pesawat akhir-akhir ini naik cukup tinggi, terutama tiket rute Sorong-Jakarta.

Agustin, salah satu penumpang pesawat di Sorong, mengatakan, tiket pesawat rute Sorong-Jakarta naik menjadi Rp 4 juta hingga Rp 5 juta. Sebelumnya, tiket pesawat rute Sorong-Jakarta Rp 2,3 juta.

Agustin pun mengaku kaget saat memesan tiket dengan harga Rp 4 juta lebih untuk rute Sorong-Jakarta.

"Saya ke Jakarta untuk berobat, kalau enggak ada keperluan berobat saya pasti batal berangkat karena harga tiket mahal bisa mencapai Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Biasanya harga tiket pesawat Sorong-Jakarta hanya Rp 2,3 juta," ujar Agustin di Bandara Domine Edward Osok (DEO), Sorong, Kamis (21/7/2022).

Ia mengaku sempat menunda keberangkatannya untuk menunggu harga tiket murah. Namun, dalam keadaan terpaksa demi pengobatannya, ia harus membeli tiket seharga Rp 4 juta.

Kepala Bandara Domine Edward Osok, Cece Tarya mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat dipengaruhi oleh kenaikan harga avtur. Selain itu, harga tiket juga dipengaruhi oleh pembatasan jumlah unit pesawat. Sebab, maskapai belum mengoperasikan pesawat secara keseluruhan.

Menurut Cece Tarya, pihak maskapai terkendala kenaikan harga avtur dan pandemi Covid-19 untuk mengoperasikan pesawat secara keseluruhan.

"Kalau kita lihat pemberlakuan harga tiket tarif bawah tarif atas dilihat dari jumlah kebutuhan masyarakat cukup tinggi harga tiketnya masih laku terjual. Tetapi, seandainya terjadi satu penurunan jumlah penumpang, pihak maskapai juga akan mengevaluasi harga tiket tersebut," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/21/161431378/penumpang-mengeluh-harga-tiket-pesawat-sorong-jakarta-naik-hingga-rp-4-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke